Kenali 4 ciri-ciri tempat gadai resmi ini agar tak tertipu

REKANBOLA.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah pegadaian swasta sebanyak 585 pegadaian. Meski demikian, hingga saat ini baru 24 penyedia jasa gadai yang terdaftar di OJK. Dari total tersebut, baru 10 yang sudah mengantongi izin usaha.

Sebelum Anda menggadaikan barang, sebaiknya mengenali ciri-ciri kegiatan usaha. Hal ini, untuk menghindari Anda menjadi korban pegadaian ilegal. Nah berikut ciri-ciri kegiatan usaha pergadaian menurut POJK Nomor 31/POJK.05/2016.

Berikut 4 ciri-ciri tempat gadai resmi agar Anda tidak tertipu, dikutip rekanbola.com

1. Menyalurkan pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum gadai

REKANBOLA.COM – Kegiatan yang paling umum di usaha pegadaian adalah menyalurkan uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum gadai. Dalam hukum gadai, jika Anda ingin meminjam uang, maka harus ada jaminan berupa barang berharga.

Anda hanya perlu menjaminkan barang Anda ke perusahaan pergadaian, jika penuhi semua persyaratan, maka Anda langsung mendapatkan uang pinjaman. Dalam gadai ini, barang yang Anda gadaikan tidak akan digunakan oleh perusaaan gadai, melainkan disimpan dan dikembalikan ke Anda, jika pinjaman telah lunas.

2. Menyalurkan pinjaman dengan jaminan berdasarkan fidusia

REKANBOLA.COM – Jaminan Fidusia adalah jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun tidak berwujud sehubungan dengan hutang-piutang antara debitur dan kreditur. Contonya, motor yang Anda kredit.

Walaupun motor Anda masih kredit, tapi bisa Anda jadikan jaminan gadai untuk meminjam uang. Lagi-lagi perlu diingat jaminan fidusia ini akan disimpan oleh perusahaan di dalam tempat yang aman. Dan akan kembali, jika pinjaman yang Anda ajukan sudah lunas.

3. Pelayanan jasa titipa barang berharga

REKANBOLA.COM – Usaha pergadaian tidak selalu melulu menyalurkan pinjaman dengan jaminan yang digadaikan. Tapi usaha gadai juga melayani jasa titipan barang berharga. Jika Anda ingin bepergian dengan waktu yang lama, tapi Anda takut barang berharga dicuri orang, maka Anda bisa dititip di pergadaian.

Baca Juga:   Kementerian Perhubungan Segera Modernisasi Pelabuhan Muara Angke

Tentunya, akan ada biaya jasa yang dikenakan, selama Anda menyimpan barang di Pergadaian. Jangan perlu takut, barang Anda akan aman dan disimpan di brankas khusus milik Pergadaian. Dengan begitu, Anda bisa berpergian, tanpa perlu khawatir barang berharga Anda.

4. Melayani jasa taksiran

REKANBOLA.COM – Jasa taksiran adalah suatu layanan kepada masyarakat yang ingin mengetahui harga atau nilai harta bendanya. Misalnya, jika Anda memiliki emas, tapi tidak tahu berapa nilai atau kualitas emas tersebut. Nah, Anda bisa menggunakan jasa taksiran di pergadaian.

Dengan biaya yang murah, Anda bisa mengetahui nilai atau kualitas emas Anda. Sehingga, Anda tak khawatir emas Anda palsu atau harga yang Anda dibeli tidak sesuai dengan harga sebenarnya.