Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennials

 

Rekanbola.com – Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia tentu berpengaruh terhadap sistem pembayaran yang mereka anut. Jika dulu berbelanja harus menggunakan uang tunai, trennya kini berubah. Masyarakat tak perlu lagi repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena bisa memanfaatkan uang elektronik.

BACA JUGA :

7 Hal Sepele Yang Kamu Lakukan Ini Bikin Orangtuamu Bangga

Uang elektronik sendiri merupakan alat tukar pembayaran yang sah dan diakui oleh bank Indonesia. Pada dasarnya, uang digital ini tak berbeda dengan uang tunai. Hanya saja, penggunaannya melibatkan jaringan internet dan sistem penyimpanan uang.

Masyarakat yang ingin menggunakannya harus melakukan top-up saldo dari rekening bank yang dimilikinya.

1. Miliki segudang keunggulan

Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennials

Ada beberapa keunggulan dalam penggunaan uang elektronik. Pertama, penggunanya akan dimudahkan dalam melakukan transaksi karena tak perlu repot membawa uang tunai. Dengan begitu, transaksi keuangan pun akan lebih aman.

Selain itu, sistem ini bisa menghindarkan dari paktik pembayaran yang tak sesuai peraturan bank Indonesia. Salah satu contohnya adalah penggunaan permen sebagai uang kembalian. Sebab, dengan uang elektronik tak mengenal adanya kembalian.

Keunggulan lain dari uang elektronik adalah dampaknya secara makro. Penggunaan uang digital akan membuat perbankan bisa menekan biaya pengelolaan kas tunai. Sementara itu, bank sentral juga bisa menghemat biaya cetak dan distribusi uang.