Kenapa Sesekali Kamu Perlu Menertawakan Diri Sendiri?

Rekanbola –  Entah disengaja atau tidak, kita pasti pernah menertawakan orang lain. Bisa karena kebodohannya, kesalahannya, kelucuannya, atau hal konyol lainnya. Tapi seringkali kita lupa bahwa kita juga punya kesalahan, dan belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita tertawakan. Daripada kita menertawakan orang lain terus, ada baiknya jika sesekali menertawakan diri kita sendiri.

1. Dapat mengintrospeksi diri dan memperbaiki kesalahan

Entah kenapa kita lebih senang menertawakan orang lain dibanding menertawakan diri sendiri. Bisa karena takut disangka gila atau memang kita yang terlalu serius menghadapi masalah. Padahal dengan menertawakan diri sendiri kita bisa introspeksi diri dan memperbaiki kesalahan yang telah kita lakukan. Dengan begitu kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik bukan?

2. Bisa berdamai dengan masa lalu dan cepat move on

Kamu pasti pernah mengalami sedih, gagal, kecewa dan sakit hati di masa lalu. Jika kamu bisa berdamai dengan mereka, kamu bisa mengungkit masa lalumu itu lalu kamu tertawakan deh. Dengan menertawakan masa lalu, kamu akan melangkah lebih baik ke depannya. Jika begitu kamu juga akan cepat move on dan melupakan masa lalumu itu.

3. Kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain

Dengan menertawakan diri sendiri kamu bisa mengeluarkan aura positif dalam dirimu, dan beruntung jika kamu bisa menularkannya pada orang lain. Kamu bisa mencontoh para komika di Indonesia seperti Raditya Dika, ia menceritakan kebodohannya di depan umum. Saat penonton tertawa, tak jarang ia juga ikut tertawa padahal yang ia ceritakan adalah aibnya sendiri. Jadi selain bisa menghibur orang lain, kamu juga bisa menghibur dirimu sendiri. Berbagi kebahagiaan itu baik lho.

Baca Juga:   Inspirasi Status Bahagia sama Pacar untuk Menghiasi Media Sosialmu

4. Dapat menyehatkan pikiran

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tertawa itu bisa menyehatkan pikiran. Dengan tertawa kamu bisa menghilangkan pikiran-pikiran negatif dari otakmu. Ketika kamu menertawakan orang lain bisa jadi akan muncul emosi negatif dalam dirimu, misalnya kamu akan sombong karena merasa lebih baik darinya. Tapi kalau kamu menertawakan diri sendiri itu tidak jadi masalah, toh yang kamu tertawakan adalah dirimu sendiri.

5. Hidupmu akan jauh lebih bahagia

Dengan menertawakan diri sendiri hidupmu akan jauh lebih bahagia karena berhasil menyingkirkan hal-hal negatif dari dirimu seperti galau, stress, dan kawan-kawannya. Kamu akan lebih fokus pada hal-hal positif meskipun hari-harimu kurang menyenangkan tak seperti yang kamu harapkan.

Jadi mulai sekarang ucapkan selamat tinggal pada semua masalahmu dan tertawakan saja. Karena tawa itu sehat!

(Kredit : www.idntimes.com)