Keren: Aplikasi Remote Control Buat Mobil Sungguhan

Rekanbola – Bermain mobil yang digerakkan dengan bantuan remote control rasanya sudah umum. Ini bila kita menggunakan model berdimensi lebih kecil dari kendaraan biasa.

Seperti skala model 1: 43, 1:46, atau bahkan 1:76. Tetapi apa jadinya bila menggunakan tunggangan betulan?  Hasilnya sungguh keren!

Begitulah yang terjadi atas sebuah mobil sport Corvette C6 tahun 2006. Sang pemilik, Bjorn Harms asal Urmond, Belanda, berhasil menjadikan tunggangan kesayangannya ini bisa dikendalikan dengan remote control layaknya mainan.

Dilansir dari Motor1.com, Bjorn terinspirasi film Back To The Future (1985) yang ditontonnya saat masih kecil.

Berbekal latar belakang sebagai  teknisi komputer, ia pun mengejar impiannya untuk mengubah si Corvette C6.

Bagian mana saja yang ia permak? Mari kita saksikan bersama.

Ia memasang controller dan motor yang memungkinnya untuk mengoperasikan mobil sport asal Amerika Serikat itu dari jarak jauh.

Lalu menciptakan pengendali motor universal untuk mengirim perintah ke perangkat tambahan, sehingga akselerator, rem, setir, hingga perpindahan gigi bisa bekerja apik hanya lewat satu sentuhan pada remote control.

Instalasi sirkuit di kabin Corvette C6 [YouTube Ridiculous Rides].

Bjorn bercerita bahwa ia membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk merancang, enam bulan membuat prototipe dan pengujian untuk memastikan semuanya bisa digunakan dengan aman.

Biaya yang dikeluarkan totalnya adalah 4.062 dolar Amerika atau sekitar Rp 57.500.000, tentu saja belum termasuk harga si mobil sendiri.

Begini cara mengoperasikan Corvette futuristik [YouTube Ridiculous Rides].

Paling istimewa, jika mobil melesat jauh dari luar jangkauan sinyal remote controlnya, maka secara otomatis sistem pengereman akan bekerja dan membuat semuanya tetap aman.

Benar-benar futuristik, bukan?

 

 

( Sumber : Suara.com )

Baca Juga:   Bedanya Kerjasama Kemenperin dengan Toyota dan Mitsubishi Soal Mobil Listrik