Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Mi A2 di Madrid

Rekanbola – Ketika dirilis September tahun lalu, Mi A1 mendapat nilai positif dari berbagai pihak. Kini suksesornya telah dirilis, akankah ponsel bernama Mi A2 itu menuai hal yang sama?

rekanbola berkesempatan menjajal Mi A2 secara langsung pasca diluncurkan di Madrid, Spanyol. Berikut kesan pertama kami saat menggunakan ponsel berbasis Android One ini

Desain

Secara tampilan, Mi A2 tidak membawa perubahan yang radikal dari pendahulunya. Hanya pada dimensi bodi dan posisi kamera belakang yang mengalami penyegaran.

Ponsel ini punya bodi lebih panjang 3 mm ketimbang Mi A1. Tapi Mi A2 dibaut lebih langsing, alhasil kala digenggam dengan satu tangan terasa lebih nyaman.

Xiaomi kembali mengikuti desain kamera iPhone. Bila Mi A1 mirip iPhone 7 Plus, sementara kamera Mi A2 dibuat vertikal seperti iPhone X.

Varian yang kami  jajal berwarna hitam. Xiaomi sendiri merilis Mi A2 dalam tiga versi warna, yakni hitam, gold dan biru.

Layar

Seperti halnya desain, tidak terdapat perubahan yang signifikan. Karena mengusung aspek rasio 18:9, layar Mi A2 lebih panjang. Ini membuat bentangan layar ponsel ini menjadi 5,99 inch dengan resolusi Full HD+.

Tapi Xiaomi membuat bezel Mi A2 begitu tipis, sehingga rasio screen-to-body menjadi 77,4%. Selain itu, vendor asal China ini menyelimuti layar ponsel anyarnya dengan kaca Gorilla Glass 5.

Kamera

Kamera menjadi sektor yang diunggulkan Mi A2. Xiaomi melakukan peningkatan yang berarti pada speknya.

Perusahaan besutan Lei Jun itu masih mempertahankan kamera ganda di bagian belakang, tapi speknya kini lebih tinggi. Kamera utamanya mengusung sensor IMX489 berukuran 12 MP dan aperture f/1,75. Setiap pixelnya berukuran lebih lebar, yakni 1,25 mikron.

Kamera kedua berukuran 20 MP. Menggunakan sensor IMX376 dengan aperture f/1,75. Ukuran tiap pixelnya 2 mikron.

Pecinta selfie pun dimanjakan Xiaomi. Kamera berukuran 20 MP dengan sensor IMX376 dan fitur 4500K selfie dipasang di bagian depan.

Xiaomi mengklaim hasil jepretan kamera depan dan belakangnya ciamik, baik di kondisi low light. Foto bokeh pun dijanjikan lebih apik dan detail, bahkan dari kompetitornya. detikINET coba membuktikan, berikut hasilnya:

Performa

Sebagai suksesor wajib kiranya ada peningkatan di dapur pacunya, dan ini sangat disadari Xiaomi. Jeroan Mi A2 pun ditingkatkan dari pendahulunya.

Snapdragon 660 dipercayakan untuk mentenagai ponsel ini. Ada dua pilihan RAM yang nanti bisa dipilih konsumen, yaitu 4 dan 6 GB. Sementara ruang penyimpananya ada 32, 64 dan 128 GB.

Varian yang ada dalam genggaman detikINET punya RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Dengan perbekalan tersebut, kinerja yang diberikan Mi A2 terbilang memuaskan. Transisi antar layar tidak hanya mulus, bermain game pun lancar.

Hanya saja kami belum sempat menguji menggunakan aplikasi benchmark. Mungkin ini akan detikINET sertakan pada artikel review lengkap Mi A2.

Opini Awal 

Sebagai suksesor, Mi A2 bisa dikatakan ideal. Peningkatan yang diberikan Xiaomi sudah membuat perbedaan yang bearti dari pendahulunya.

Hasil jepretan ponsel ini kami rasa lebih baik dari Mi A2. Demikian pula performanya yang terasa lebih ngacir dari Mi A1. Mungkin yang sangat disayangkan adalah absennya jack audio 3,5 mm.

Semoga saja ponsel ini segera masuk ke Indonesia. Dan ketika dipasarkan, Mi A2 tidak menjadi ponsel gaib. Harapan lainnya, mudah-mudahan update yang dikirm Xiaomi untuk ponsel ini tidak bermasalah seperti terjadi di Mi A1.

 

( Sumber : detik.com )