Keunggulan Suzuki Katana 3,0 yang Tak Ditemukan di Motor Lain

Rekanbola –  Suzuki Katana Motor legendaris yang sempat booming lewat anime Bakuon kini akan hadir dengan mesin dan tampilan baru yang lebih modern.

Muncul pertama kali pada tahun 1980, Katana adalah salah satu motor yang paling banyak ditampilkan dalam sejarah Suzuki.

Didesain oleh Hans Muth, mantan desainer dan perusahaan Design Design BMW, Suzuki Katana menampilkan desain wedge modern yang unik pada saat itu. Ada banyak versi namun untuk mesin yang berbeda, model tertinggi Katana adalah diklaim sebagai motor komersial tercepat di dunia.

motor yang bisa kita lihat diatas mungkin bukan masuk ke kelas super-naked, lantaran menggunakan fairing buntung (half-fairing) ala Suzuki Katana original. Tapi kalau melihat konsepnya, jelas, yang satu ini ditujukan untuk menghadang agresifitas produsen Jepang lain yang kini serius dikancah naked bike dengan keunikannya masing-masing. Desain Katana 3.0 juga benar-benar original dan tak dimiliki produsen lain, dan ini  bisa jadi modal yang besar bagi Suzuki.

Desainnya benar-benar simpel. Half fairing khas ala Suzuki Katana original dipadu dengan single headlamp standar (LED), bukan lampu pop-up unik laiknya mobil Ferrari keluaran lawas. Begitupun dengan shape tangki, body, serta buritan yang terinspirasi dari versi originalnya.

Detailnya pun demikian, dibuat simpel. Frame twinspar, swingarm, suspensi, knalpot, kaki-kaki, serta sektor pengeremannya mencomot dari Suzuki GSX-S1000

Sektor mesinnya pun sama kok, prototype Suzuki Katana 3.0 didevelop dengan basis mesin Inline-4, DOHC 16-Valve, milik GSX-S1000 – yang diklaim sanggup memuntahkan power hingga 156 HP, plus torsi maksimum 104.3 N.m

Baca Juga:   Kepincut Motorsport, Vespa Sprint Ini Dibuat ala Motorsport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *