Kim Jong-un Putuskan Hentikan Percobaan Nuklir Mulai 21 April 2018

Rekanbola.com – Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-Un memutuskan untuk meninggalkan ambisi nuklir negaranya dan bersiap menuju meja perundingan.

Dilansir dari South China Morning Post, pengumuman ini disampaikan Kim Jong-Un dalam pertemuan Komite Sentral Partai Pekerja Korea hari Jumat kemarin.

1. Kim Jong-un berjanji tidak akan menggunakan senjata nuklir kecuali terancam dan diprovokasi

Kim Jong-un Putuskan Hentikan Percobaan Nuklir Mulai 21 April 2018

Selain berhenti melakukan percobaan nuklir dan roket balistik antar benua, Pyongyang juga akan membongkar wilayah yang selama ini dijadikan lokasi percobaan nuklir di sebelah utara Korea Utara.

“(Korea Utara) tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir atau memindahkan senjata nuklir atau teknologi nuklir dalam keadaan apa pun kecuali terdapat ancaman nuklir dan provokasi nuklir melawan (Korea Utara),” demikian tegas Kim Jong-un sebagaimana dilansir dari kantor berita negara tersebut, Korean Central News Agency.

2. Kim Jong-un tidak menjelaskan bagaimana dengan hulu ledak nuklir milik negaranya

 Kim Jong-un Putuskan Hentikan Percobaan Nuklir Mulai 21 April 2018

Penghentian percobaan nuklir dan misil balistik antar benua ini akan dihentikan mulai tanggal 21 April, namun tidak dijelaskan mengenai hulu ledak nuklir yang dimilikinya saat ini, demikian mengutip Yonhap.

Sehari sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan bahwa Korea Utara mungkin bersedia melepaskan syarat hengkangnya tentara AS dari Semenanjung Korea sebagai prasyarat perundingan damai antara kedua negara, demikian dilansir dari Newsweek.

3. Pemerintah China dukung keputusan Kim Jong-un

Kim Jong-un Putuskan Hentikan Percobaan Nuklir Mulai 21 April 2018

Kim Jong-un diharapkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan hari Jumat ini serta bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akhir bulan Mei atau awal bulan Juni mendatang.

Baca Juga:   Uruguay vs Prancis, Kylian Mbappe Bisa Bersinar Lagi

China dilaporkan mendukung keputusan yang diambil oleh Kim Jong-un ini sebagaimana yang ditegaskan oleh juru bicara kementerian luar negeri China, Lu Kang hari Sabtu ini.

China juga berharap dengan keputusan ini, Pyongyang dapat memusatkan diri dalam melakukan pembangunan ekonomi negara sesama penganut paham komunis ini.

(Sumber :news.idntimes.com)

Baca Juga :