Kisah Inspiratif Wanita dengan Profesi Unik: Direktur Pemakaman

REKANBOLA – Punya karier unik dan tidak populer membuat wanita ini sampai harus berbohong ketika ditanya orang mengenai profesinya. Pekerjaannya memang terdengar aneh sekaligus menyeramkan bahkan banyak orang tidak percaya jika profesi itu ada. Meski begitu, ia mengaku mencintai profesi di mana tugas utamanya adalah memastikan acara pemakaman berjalan dengan lancar.

Adalah wanita bernama Raegan yang berprofesi sebagai funeral director untuk perusahaan Co-op di Skonlandia. Awalnya Raegan ingin menjadi perias mayat namun banyak menerima penolakan dari para kepala direktur pemakaman karena ketatnya industri. Sampai akhirnya, ia mendapat pekerjaan sebagai pengatur pemakaman hingga naik jabatan menjadi direktur pemakaman dua tahun kemudian.

“Pekerjaanku sehari-hari melibatkan mengatur pemakaman dar awal hingga akhir untuk klien kami. Aku yang mengatur semuanya dari awal, aku memesan hari dan waktu pemakaman, aku memesan pendeta, aku mengatur transportasi, bunga, nisan, semua yang mereka mau. Tujuanku adalah ‘memegang tangan klien’ sepanjang proses dan setelahnya,” kata Raegan kepada Cosmopolitan.

Tugas Raegan memang bukan hanya memastikan pemakaman berjalan lancar namun juga menenangkan keluarga yang kehilangan. Wanita 28 tahun tersebut pun akan mengurus jasad dari rumah sakit atau tempat kematian lain, memandikan dan mendandani, hingga mengantar ke tempat peristirahatan. Karenanya, pekerjaan ini butuh dedikasi tinggi.

“Kami menawarkan jasa 24 jam, jadi kami ada untuk klien setiap waktu, dan menghadiri rumah untuk mengambil jasad siang atau malam. Aku pernah dipanggil ke sebuah rumah di malam hari dan harus meninggalkan makan malam Natal untuk bekerja tapi itulah pekerjaan. Itu mungkin hanya satu hari Natal bagiku tapi keluarga orang ituakanmengingatnya setiap tahun,”tuturRaegan.

Membantu orang apalagi yang sedang ditimpa kesedihan diakui Reagan membuatnya semakin cinta pekerjaan. “Aku tidak pernah merasa berat pergi bekerja, tidak ada yang lebih baik dari pada melakukan pekerjaan yang membantu orang,” tambahnya.

Baca Juga:   Sidang berikut Ahok akan digelar dua kali dalam seminggu, kenapa ya?

Meski begitu, tentu Raegan pernah menemukan kesulitan dan risiko pekerjaan. Apalagi saat pemakaman yang harus diurusnya adalah keluarga atau teman sendiri. Raegan juga kerap merasa sedih jika jasad yang diurusnya adalah anak kecil.

“Melayani anak-anak dan bayi terasa menyedihkan dan berat ketika kamu melihat semuanya sedih tapi aku harus fokus dan mengingat bahwa aku di sana untuk keluarga dan teman. Aku harus jadi orang yang membuat itu lebih mudah untuk mereka, bukan yang berduka,” katanya.

One thought on “Kisah Inspiratif Wanita dengan Profesi Unik: Direktur Pemakaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *