Kisah Nyata Mike Tyson, Dari Gembel, Menjadi Sukses, Dan Kembali Menjadi Gembel

Rekanbola.com – Kita semua pasti pernah mendengar nama Mike Tyson sebagai salah satu petinju legendaris dunia. Bahkan buat kita yang bukan termasuk penggemar tinju, minimal kita tahu kalau Mike Tyson adalah seorang petinju.

Tapi, seberapa banyak dari kita yang mengetahui kisah nyata Mike Tyson, dari gembel kembali menjadi gembel? Perjalanan hidup Mike Tyson ternyata sangat menarik loh untuk disimak.

Kita juga bisa mendapat banyak pelajaran berharga dari petinju yang memiliki julukan Si Leher Beton ini. Jatuh bangun Tyson terutama menjadi faktor yang paling menarik dari meniti karirnya yang sempat menjadi kaya raya berkelimpahan uang, hingga balik lagi miskin dan hidup di jalanan.

 

Langsung saja kita simak bersama-sama kisah nyata dari petinju fenomenal yang satu ini.

Periode Awal Kehidupan Mike Tyson Sebelum Menjadi Petinju Paling Ditakuti di Dunia

Buat kamu yang belum tahu nih, Mike Tyson lahir dengan nama lengkap Michael Gerard Tyson pada 30 Juni 1966 tepatnya di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Brooklyn sendiri terkenal sebagai daerah yang keras di kawasan New York. Ayah Mike, Jimmy Kirkpatrcik meninggalkan rumah sewaktu Mike masih berusia dua tahun.

Sehari-hari Mike tinggal bersama ibunya, Lorna Smith dan dua saudaranya, Rodney serta Denise. Bisa dibayangkan dong betapa keras dan beratnya masa kecil Mike kala itu.

Nah, Mike kecil terkenal suka berkunjung ke taman kota Brownsville untuk melihat burung dara. Ia bahkan membeli seekor burung dara untuk dipelihara di rumah.

kisah nyata mike tyson

Suatu hari Mike menemukan burung dara peliharaannya dicuri oleh geng anak-anak bengal. Hewan peliharaannya bahkan dibunuh dan dilempar ke arahnya. Mike yang merasa nggak terima pun memukuli si anak bengal yang melakukan perbuatan tersebut.

Nah, kejadian inilah yang kelak mengantar Mike menjadi petinju. Ia yang tadinya hanya seorang anak rumahan berubah menjadi berandalan jalanan. Mike bahkan bergabung dengan geng jalanan dan di usia 13 tahun, dia sudah ditangkap polisi sebanyak 38 kali.

Oleh sang ibu, Mike akhirnya dimasukkan ke sekolah khusus di Johnstown, New York, yaitu Tryon School for Boys. Di sinilah Mike mengambil ekstrakurikuler tinju dan bertemu dengan Bobby Stewart.

 

Awal Karir Tinju Profesional 

Bobby yang seorang mantan petinju melihat bakat Mike dan mengenalkannya pada pelatih legendaris bernama Cus D’Amato. Mike secara resmi pindah ke sasana tinju milik D’Amato di Catskill Boxing Club, tepatnya pada 1980. Dengan sang asisten yaitu Kevin Rooney, Mike mulai menjalani latihan tinju profesional.

Hidup Mike mulai berubah 180 derajat dari sini. Empat tahun kemudian pada 1984 di usia 18 tahun, Mike sudah memulai debut sebagai petinju profesional. Ia berhasil memukul KO Hector Mercedes hanya pada hitungan ronde pertama.

kisah mike tyson

Ini nih awal dari karir emas Mike di ring tinju. Pada 1986 di usia 20 tahun, ia mengalahkan Trevor Berbick yang merupakan juara kelas berat WBC secara KO. Mike mengukir rekor sebagai juara tinju kelas berat termuda di dunia.

Kegemilangan karir Mike terus berlanjut. Pada 1976 ia memukul KO petinju James Smith yang merupakan pemegang sabuk kelas berat di WBA. Hanya selang lima bulan, Mike berhasil menjadi petinju pertama yang menyatukan semua gelar tinju di kelas berat setelah ia mengalahkan Tony Tucker yang merupakan pemegang sabuk IBF.

Mike Tyson bahkan dikenal sebagai Raja KO nih karena dari 28 kemenangan yang diraihnya, 26 di antaranya ia menang dengan KO atau bahkan TKO. Beberapa nama terkenal yang pernah dikalahkannya antara lain adalah Larry Holmes serta Leonel Spinks.

Tapi, kegemilangan karir Mike dirusak oleh dirinya sendiri. Lika liku kehidupan Mike Tyson, dari gembel kembali menjadi gembel, dimulai sejak ia berkenalan dengan Don King, promotor tinju terkenal yang gemar pesta dan berfoya-foya.

Mike mulai menyukai hidup hedonis dan bahkan sering absen dari jadwal latihannya. Mike bahkan berseteru dengan pelatihnya nih dan puncaknya terjadi pada 1988.

Ia memecat Kevin Rooney dan hidup Mike makin liar dan brutal. Mike kembali menjadi remaja bengal dan beringas yang tak mau lagi disiplin. Karirnya di atas ring bahkan mulai menurun. Ia dikalahkan James Buster Douglas, petinju yang kurang dikenal, pada 1990. Hidup Mike semakin buram pada tahun 1991 ketika ia dipenjara selama enam tahun karena kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Kisah Nyata Mike Tyson Dari Gembel Kembali Menjadi Gembel

Hidup di penjara membuat Mike mengenal agama Islam. Ia menjadi seorang muslim dan mengganti nama menjadi Malik Abdul Aziz. Keluar dari penjara, Mike kembali merebut gelar WBA serta WBC dengan memukul KO Bruce Seldon serta Frank Bruno. Tapi Mike harus kembali mengalami masa suram saat ia dikalahkan Evander Holyfield secara TKO.

Nggak hanya kehilangan gelar WBA, pertandingan ulang juga harus dihentikan karena Mike menggigit telinga Holyfield. Mike bahkan sempat jadi bahan olokan loh gara-gara insiden ini. Mike memutuskan pensiun setelah pada 2006 ia dikalahkan Danny Williams serta Kevin McBride, dua petinju yang nggak begitu terkenal.

 

Penyebab Kebangkrutan Mike Tyson

Sebagai seorang petinju yang pernah mengantongi gelar juara dunia, sudah pasti kekayaan Mike banyak banget, dong. Tapi harta Mike juga banyak terkuras karena gaya hidupnya yang suka berfoya-foya dan hutangnya yang menumpuk dimana-mana. Padahal, bayaran Si Leher Beton ini sempat mencapai U$30 juta atau Rp270 miliar sekali tanding.

Tapi pada 2003, Mike mengumumkan dirinya bangkrut karena kebiasaannya memanjakan teman-teman wanitanya serta terlilit utang sebesar U$23 juta atau sekitar Rp207 miliar. Mike bahkan dikabarkan menjadi gembel dan hidup di jalanan.

Hidupnya baru kembali membaik saat seorang fans dari Inggris membantunya secara finansial. Mike akhirnya bisa menata kembali hidupnya dengan menikahi Lakiha Spicer dan memiliki dua orang anak. Keempatnya tinggal di Las Vegas.

Hidup Mike setelah bangkrut berubah drastis, nih. Nggak lagi menunjukkan keberingasan di ring tinju, sekarang Mike justru mendirikan perusahaan Tyranic yang bergerak di bidang hiburan bersama istrinya. Lewat Tyranic, Mike banyak menggarap pertunjukan teater, pembuatan film hingga talk show.

Semuanya berkisah tentang Mike sendiri dan dia menjadi bintang tunggal dalam tiap talk show dan pertunjukan teater yang digelarnya. Harga tiketnya antara Rp900 ribu hingga Rp4.5 juta. Nah, dari harga tiket teater inilah Mike menyambung hidupnya.

Salah satu proyek yang digarap oleh Tyranic adalah film komedi berjudul The Hangover III. Film ini sendiri memang mengisahkan kisah hidup dari seorang Mike Tyson.

Hangover sendiri sebelumnya sukses dalam film Hangover I dan Hangover II. Inilah yang mendasari Mike untuk menggarap film ketiganya. Meski tak aktif di ring tinju lagi, tapi Mike Tyson selalu memberikan support penuh buat Ronda Rousey, petarung wanita UFC MMA.

Hampir di setiap pertandingan, Mike selalu menyempatkan diri untuk menonton aksi beringas si petarung seksi ini. Namun hubungan mereka hanyalah sebatas teman baik, menurut Mike saat dia melihat Ronda Rousey seperti melihat ‘sosok’ dirinya sendiri waktu ia masih menjadi petinju.

mike tyson

Generasi muda sekarang mungkin lebih mengenal Mike Tyson sebagai seorang pemain teater dan film daripada petinju legendaris. Termasuk kamu mungkin salah satunya. Dari kisah hidup Mike Tyson, dari gembel kembali menjadi gembel di atas kita bisa belajar banyak hal, nih.

Yaitu, jangan lupa daratan ketika sudah sukses dan selalu ingat dengan orang-orang yang senantiasa mendorong kita menuju kesuksesan. Itu dia kisah nyata dari petinju legendaris dunia Mike Tyson. Semoga kamu semakin tahu ya mengenai perjalanan karir dari Si Leher Beton ini.

IBU MERTUA YANG KESEPIAN DAN KETAGIHAN ML DENGANKU

Recommended

Facebook Comments