Kisah Perjuangan Berat Haykal Kamil Geluti Dunia Bisnis

REKANBOLA – Haykal Kamil adalah satu dari sekian banyak artis yang mulai menekuni dunia bisnis. Adik dari Zaskia Adya Mecca itu saat ini menjabat sebagai Chief Marketing Officer dari PT Kals Corpora yang merupakan unit usaha yang mewadahi merek hijab ternama seperti Mechanism, ZM, dan Bia.

Sebelum sampai di posisi seperti sekarang, Haykal harus melalui perjuangan yang tak mudah. Keputusannya membangun bisnis ini dimulai saat ekonomi keluarganya sedang menurun.

“Pertama kali saya jualan kaos di Java Jazz, itu tugas mengumpulkan uang untuk prom night kakak kelas,” ujar Haikal singkat di acara Dream Camp, di Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2019.

1. Lawan Rasa Malu

Saking sulitnya ekonomi kala itu, satu buah mobil terpaksa dijual oleh sang ibu untuk membiayai kuliah Haykal. Namun kondisi itu tak lantas membuat pria berusia 28 tahun ini malu atau putus asa. Ia sampai rela jualan kaos konser demi mendapatkan uang.

“Kalahkan rasa malu. Ingat kenapa kita harus berjualan, tujuan jelas, kalau nggak jualan saya nggak kuliah. Itu bagian dari proses,” sambungnya.

2. Dream Camp

Anyway, speech motivasi itu diberikan Haykal di event Dream Camp yang diadakan oleh laman gaya hidup muslim, Dream.co.id. Berbagai rangkaian acara lain yang dihadirkan mencakup kajian Islami, pembacaan Quran oleh hafiz cilik hingga sedekah digital.

“Acara Dream Camp kedua ini, merupakan kelanjutan dari acara Dream Camp pertama yang digelar di Subang. Mudah-mudahan ini jadi acara tahunan Dream,” ujar Ismoko Widjaya, Pemimpin Redaksi Dream.co.id.

Selain Haykal, Dream Camp juga menghadirkan narasumber lain, yakni ustaz Asep Supriatna hingga psikolog Analisa Widyaningrum.

Baca Juga:   Bak Konser, Ramainya Pembukaan Bisnis Kuliner Keluarga Ashanty Bikin Fans Terharu