Kondisi Pasar Menguntungkan, Rusia Pertimbangkan Terbitkan Eurobond

REKANBOLA – Rusia tengah mempertimbangkan untuk menerbitkan sovereignEurobond atau surat utang pemerintah di tengah kondisi pasar saat ini yang dinilai menguntungkan.

Rencana itu diungkapkan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov pada forum ekonomi di St. Petersburg, seperti dikutip Reuters, Sabtu (8/6/2019).

“Kami mungkin akan mencari pendanaan sekarang dengan persyaratan yang lebih baik dibandingkan pada awal tahun,” kata Siluanov kepada awak media di sela-sela forum tersebut.

Kendati begitu, Siluanov menolak merincikan apakah realisasinya bisa terjadi pada bulan ini atau nanti. VTB Capital, bank investasi yang mengorganisir penerbitan sejumlah Eurobond terakhir Rusia, juga mengatakan kepada Reuters pada minggu ini bahwa kondisi pasar menguntungkan untuk penerbitan surat utang pemerintah yang baru.

Terkait dengan isu minyak, Siluanov mengatakan tidak adil bagi pemerintah Rusia untuk memberikan kompensasi kepada perusahaan minyak atas kekurangan yang mungkin mereka hadapi. Pasalnya, kesepakatan global untuk memotong produksi telah ditandatangani oleh Rusia dan produsen minyak mentah utama lainnya.

Igor Sechin, Ketua Rosneft, perusahaan minyak raksasa dari Rusia, pada awal pekan ini mengatakan bahwa pihaknnya sedang mendiskusikan dengan pemerintah tentang kemungkinan adanya kompensasi bila kesepakatan global untuk memotong pasokan diperpanjang.

Baca Juga:   IHSG Kembali Lunglai ke Level 5.874