Konsumsi Ibuprofen Diklaim Buat Buah Zakar Mengerut

Rekanbola –  Para ilmuwan mengungkapkan bahwa ibuprofen bisa berbahaya untuk kesuburan pria. Tak cuma berbahaya untuk kesuburan, ibuprofen berpotensi membuat buah zakar pria mengerut.

Ibuprofen adalah obat pereda sakit dan nyeri untuk sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, nyeri otot, atau arthritis.

Saat obat bekerja untuk meredakan sinyal sakit kepala di otak, ibuprofen juga akan menurunkan hormon seks laki-laki, testoteron. Penurunan testosteron bisa menyebabkan testikel mengerut.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan pada responden berusia 18-35 tahun menunjukkan bahwa konsumsi ibuprofen akan meningkatkan risiko hypogonadism, sebuah kondisi yang menyebabkan peningkatan level luteinizing hormone (LH) dibanding testosteron.

LH sendiri bertugas untuk menstimulasi produksi testosteron, jadi tingginya level LH akan ‘menipu’ tubuh sehingga dianggap hormon testosteron tubuh sudah berfungsi.

Hipogonad biasanya hanya akan terjadi pada orang tua atau perokok, namun konsumsi ibuprofen akan menyebabkan risiko pada orang yang lebih muda.

Ilmuwan meneliti sekitar 31 orang responden pria dan menemukan bahwa konsumsi ibuprofen akan menurunkan produksi testosteron setelah enam minggu penggunaan.

Responden dibagi dalam dua grup, sekitar 14 orang mengonsumsi 600 mg ibuprofen dua kali sehari selama dua minggu sebelum, dan 30 hari sesudah olahraga. Dan responden lain bertindak sebagai kontrol.

Setelah 14 hari, tes darah menunjukkan bahwa ada penurunan 18 persen testosteron pada responden yang mengonsumsi ibuprofen. Jumlah penurunannya makin meningkat sampai 23 persen setelah 44 hari.

“Melalui percobaan klinis kepada pria muda yang ‘terpapar’ ibuprofen’, kami menunjukkan hasil analgesik dalam kondisi klinis yang disebut compensated hypogonadism,” kata David Kristensen dari Copenhagen University .

(Kredit : www.cnnindonesia.com)

Baca Juga:   Studi: Empat Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Kesehatan Jantung