Korsleting, 42 rumah dan kios pedagang di Kutai Barat ludes terbakar

Rekanbola – Kebakaran besar melanda permukiman sekaligus pasar di Jalan Pasar, kampung Tering Seberang, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Sedikitnya 42 bangunan rumah dan petak dagang hangus terbakar akibat korsleting.

Keterangan diperoleh, peristiwa itu tejadi sekira pukul 04.00 WITA. Kobaran api cepat membesar, membuat panik warga. Apalagi, rumah yang terbakar berdekatan dengan bangunan lapak dan kios pasar Tering.

Api berkobar hebat, dan akhirnya ikut menyambar bangunan pasar. Pemadam yang didatangkan ke lokasi sempat kesulitan lantaran minimnya sumber air.

Namun demikian, kerja keras pemadam dibantu warga setempat akhirnya berhasil memadamkan kobaran api sekira pukul 06.00 WITA. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Kepolisian, bergegas melakukan penyelidikan.

“Sedang ditangani Polres. Kejadiannya karena korsleting listrik dari salah satu rumah warga. Menghanguskan kios-kios, lapak di pasar. Yang jelas, tidak ada korban jiwa ya,” kata Kasat Reskrim Polres Kutai Barat AKP Ida Bagus Kade Suta dikonfirmasi rekanbola, Selasa (28/8) sore.

“Sampai sekarang, masih penyelidikan. Kita lagi periksa pemilik rumah, ketua RT, dan saksi-saksi di antaranya warga yang rumahnya tidak terbakar,” tambah Kade.

Pusdalops BPBD Kalimantan Timur petang ini melansir, data sementara kebakaran menghanguskan 20 rumah yang dihuni sekitar 61 jiwa, serta 22 kios dan lapak pedagang.

“Warga sempat memadamkan dengan alat seadanya, tapi api tidak bisa dipadamkan. Pemadaman menggunakan 5 pemadam dari BPBD (Kutai Barat) dan Dinas PMK, baru bisa dipadamkan sekitar jam 6.30 pagi tadi,” kata Kepala BPBD Kalimantan Timur, Frederik Bid.

Baca Juga:   Becak di AS, Transportasi Eksotis nan Elite Impian Sandiaga Uno