Kotor Penuh Sampah, Relawan Besihkan Sungai Menuju Rawa Pening

Rekanbola – Ribuan relawan yang datang dari berbagai kota terlibat dalam kegiatan Save Rawa Pening #3. Kegiatan yang dilakukan dengan membersihkan sampah-sampah di 15 ring area kerja yang aliran sungainya menuju Rawa Pening.

Para relawan yang terlibat dalam Save Rawa Pening #3 datang dari Solo, Jepara, Wonosobo, Temanggung, Kendal, Surabaya, Purwodadi, Banjarnegara dan Semarang. Hampir di semua sungai yang menuju Rawa Pening banyak ditemukan tumpukan sampah terutama berbahan plastik.

Ketua Penyelenggara Save Rawa Pening #3, Prapto Nugroho mengatakan, pada Save Rawa Pening #1 dan 2, kegiatan difokuskan untuk mengurangi populasi enceng gondok di Rawa Pening. Sedangkan untuk pembersihan populasi enceng gondok di Rawa Pening sekarang dilakukan pemerintah.

“Dalam Save Rawa Pening #3 ini kegiatan yang dilakukan membersihkan sampah-sampah di 15 ring area kerja wilayah Kecamatan Bawen dan Ambarawa. Pembersihan sampah-sampah di sungai yang alirannya menuju Rawa Pening,” katanya saat ditemui di Posko Induk Save Rawa Pening #3 di kompleks Alun-Alun Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (26/8/2018).

Save Rawa Pening #3 yang diselenggarakan Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Forkom-Relinko) Kabupaten Semarang. Adapun relawan yang terlibat jumlahnya sampai 1.000-an. Selain dari relawan, ada Pramuka, Satpol PP, personil dari Polri dan TNI. Kemudian, sejumlah mobil pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup maupun mobil milik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang dikerahkan. Adapun sampah-sampah yang terkumpul kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga.

“Sampah-sampah yang terkumpul langsung dibawa menggunakan armada menuju TPA Blondo,” ujar dia.

Save Rawa Pening #3 yang dilakukan, katanya, bertujuan untuk meminimalisir sedimentasi di Rawa Pening.

Baca Juga:   Kejam! Ada Janin Dibuang di Tumpukan Sampah di Sulsel

“Kami juga mengajak masyarakat lebih peduli kepada lingkungan. Tema meruwat hulu, merawat hilir yakni hulu kita rawat, hilir dirawat,” ujarnya.