Kriteria Cawapres Jokowi di Last Minutes

Rekanbola – Pendaftaran capres-cawapres untuk Pilpres 2019 tinggal menghitung jam dan akan berakhir pada 10 Agustus mendatang. Sebagai calon incumbent, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum mengumumkan sosok yang akan menjadi cawapresnya di Pilpres 2019.

Ada beberapa kriteria cawapres Jokowi yang harus ditentukan di masa-masa akhir pendaftaran capres-cawapres. Menurut anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, ada 3 kriteria cawapres Jokowi.

“Orang yang punya integrity, acceptable untuk semua golongan. Punyaintegrity, punya capacity dan diterima oleh semua golongan. Tiga hal itu kira-kira,” ujar Sidarto di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Sidarto pun yakin Jokowi akan menentukan cawapresnya dari putra terbaik bangsa yang memiliki 3 kriteria tersebut. “Saya percaya beliau akan memilih putra terbaik,” katanya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga memiliki pandangan lain soal kriteria cawapres untuk Jokowi. JK, yang belum jelas apakah akan kembali mendampingi Jokowi di Pilpres 2019, memandang kriteria utama cawapres Jokowi nantinya harus punya pengalaman di pemerintah.

“Ada kriteria pokok. Pertama, bisa menambah elektabilitas, tidak hanya mengikuti elektabilitasnya, tapi harus menambah, menambah konstituen. Jadi harus dikenal, harus baik, harus ada pemilihnya,” kata JK di sela acara Rapimnas Institut Lembang 9 di Hotel Aryaduta, Jl Prajurit KKO Usman, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (26/2) lalu.

“Harus bisa menjadi presiden, dari 6 presiden kita, 2 wakil jadi presiden, yaitu Bu Mega dan Pak Habibie, artinya tokoh itu harus matang,” imbuhnya.

Pengalaman di pemerintahan, kata JK, sangat diperlukan untuk memimpin Indonesia. Dia berharap yang menjadi cawapres Jokowi adalah sosok yang berpengalaman di pemerintah.

“Kalau tidak ada pengalaman di pemerintahan, sulit mengatur soal pemerintahan,” ujarnya.

Baca Juga:   Pipa Bocor yang Bikin Jalan di Tanah Abang Tergenang Diperbaiki

Sementara itu, pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menyebut kriteria cawapres Jokowi bisa jadi mendekati sosok seorang JK. Datang dari kalangan umat yang juga punya latar belakang bisnis.

“Mencari kriteria capres Jokowi sebetulnya mudah, sebab JK hampir memiliki semua yang dibutuhkan Jokowi, sehingga yang yang termudah adalah berkaca dengan JK.

Nah, bila untuk kondisi saat ini, maka yang dibutuhkan Jokowi adalah seorang pemimpin umat yang kuat toleransinya. Tokoh ini harus diterima umat, paham ekonomi, dan bersih dari cacat hukum parah,” kata Hendri dalam perbincangan dengan wartawan, Jumat (2/3).

 

( Sumber : detik.com )