Kubu Jokowi Optimistis Yenny Wahid Ada di Pihak Mereka

Rekanbola – Putri mendiang Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid, akan menentukan pilihan politiknya siang nanti. Apakah berlabuh ke pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, atau pasangan nomor 02 Prabowo-Sandiaga.

Wakil Koordinator Pratama DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo yakin, Yenny akan mendukung Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019. Tokoh seperti Yenny, sangat berpengaruh dalam elektoral pasangan patahana itu.

“Bagi siapapun pasangan capres-cawapres dukungan tokoh masyarakat sangat menentukan, apalagi dukungan selevel mbak Yenny dan kami meyakini beliau akan dukung Pak Jokowi-Ma’ruf,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu di gedung DPR, Jakarta, Rabu 26 September 2018.

Ia menilai, pengaruh Yenny di kalangan Nahdliyin (sebutan untuk warga NU). Karena pengaruh sosok Gus Dur masih kuat. Apalagi Gusdurian, sebutan untuk loyalis mantan ketua umum PBNU itu, masih banyak saat ini.

Kedua kubu, sebenarnya sudah pernah mengunjungi kediaman mendiang Gus Dur di Ciganjur Jakarta Selatan. Baik itu Jokowi, Prabowo Subianto hingga Sandiaga Uno.

“Sebenarnya bagi kami pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, siapapun yang mendukung, kelompok wartawan pun mendukung, sangat senang sekali pasti menerima dengan tangan terbuka,” kata mantan ketua komisi III DPR itu.

Kalau Yenny masuk ke kubu Jokowi-Ma’ruf, basis suara yang bisa digarap diantaranya adalah wilayah Sumatera, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Kalau Jawa Barat kan sudah Pak Ma’ruf Amin sangat kuat. Jadi memang basis-basis NU terutama di wilayah-wilayah yang memang Nahdliyin-nya banyak itu sangat diharapkan menjadi pemilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.”

Baca Juga:   DPRD ketok palu, APBD-P Jabar naik 4 persen menjadi Rp 33,259 triliun