Kylian Mbappe Akui Uang Telah Ubah Sepakbola

Rekanbola – Penyerang PSG, Kylian Mbappe mengakui jika faktor uang kini telah mengubah wajah sepakbola. Tapi, dia tidak bisa berbuat banyak karena kini sedang bereda dalam sistem yang ditentukan oleh pasar.

Harga transfer pemain sepakbola mengalami fase yang krusial dalam tiga tahun terakhir. Nilai jual seorang pemain naik tidak terkontrol. Bahkan, nilai-nilai yang sebelumnya dianggap mustahil bisa terjadi di pasar pemain.

Salah satu transfer yang mengejutkan yakni kepindahan Neymar dari Barcelona ke PSG. Pihak PSG rela menggelontorkan dana hingga 222 juta euro untuk bisa mendapatkan jasa Neymar. Sesuai dengan nilai pelepasan di kontrak Neymar.

Bukan hanya kasus transfer Neymar, kepindahan Mbappe ke PSG pun melibatkan dana jumbo. Pada usia 18 tahun, Mbappe pindah dari AS Monaco ke PSG dengan harga transfer yang mencapai 180 juta euro. Harga yang tidak bisa dibilang murah.

 

Uang dalam Sepakbola

Kylian Mbappe termasuk salah satu pemain yang mengguncang bursa transfer dengan harga jual yang begitu mahal. Mbappe mengakui jika banyak hal yang berubah dengan uang. Tapi, dia tidak bisa melakukan apa pun dalam kasusnya.

“Hal itu sungguh tidak masuk akal bagi saya, yang berasal dari keluarga cukup sederhana. Memang benar, itu tidak masuk akal. Tapi, pasar memang seperti itu. Begitulah cara sepakbola bekerja,” ucap Mbappe pada RTS.

“Saya tentu saja tidak merevolusi sistem sepakbola. Saya berada dalam sistem itu. Anda justru harus menghormati apa yang sudah terjadi dan tetap berada di sana,” sambung peraih gelar pemain muda terbaik Piala Dunia 2018 tersebut.

 

Mbappe bukan Pele

Banyak yang mengaitkan Kylian Mbappe dengan salah satu legenda besar sepakbola asal Brasil yakni Pele. Tapi, Mbappe mengaku tidak ingin disampaikan dengan sosok lain. Dia ingin punya cerita sendiri dengan namanya sendiri.

Baca Juga:   Di Balik Sukses Virgil van Dijk, Ada Jasa Besar Eks Direktur Teknik Timnas Indonesia

“Saya tidak ingin menjadi salinan pemain lain. Seperti seorang legenda, Anda pasti ingin menuliskan cerita sendiri dan bukan salinan dari cerita pemain lain. Anda harus punya sikap rendah hati dan itu adalah kekuatan orang hebat,” tandas Mbappe.