Liga Champions dan Liga Europa Akan Pakai VAR Mulai 2019/2020

Rekanbola – Video Assistant Referees (VAR) akan hadir di kompetisi Eropa. UEFA berencana akan menggunakan VAR di Liga Champions dan Liga Europa mulai musim 2019/2020.

Selama ini UEFA menolak untuk memakai sistem VAR, yang memungkinkan insiden-insiden penting ditinjau kembali dengan menggunakan video-video tayangan ulang. Yang terakhir, Piala Dunia 2018 di Rusia sudah memakai VAR lebih dahulu.

Presiden UEFA Aleksandar Ceferin menyatakan bahwa VAR akan dipakai dari babak kualifikasi terakhir sampai seterusnya, juga di laga Piala Super antara pemenang Liga Champions melawan Liga Europa.

 

Baca Juga : Navas: Ronaldo Temanku, Anda Yang Terbaik

 

“Rencananya untuk sekarang adalah memakainya dari musim depan… dengan pertandingan pertama pada musim depan di Piala Super,” Ceferin mengungkapkan di ESPNFC. “VAR tidak sepenuhnya jelas untuk sekarang… tapi sepertinya tidak bisa mundur lagi.”

“VAR lebih rumit dari kelihatannya. Kami benar-benar memiliki wilayah yang sangat besar. Rencananya adalah menggunakannya untuk musim depan, tapi kita lihat saja apa yang terjadi. Saya tidak ingin memprediksi apapun 100 persen.”

Meski begitu, Ceferin tidak bisa memastikan apakah VAR bisa diterapkan lebih awal yaitu di final Liga Champions tahun depan di Stadion Wanda Metropolitano.

“Saya tidak menutup kemungkinannya untuk sekarang, tapi sepertinya tidak akan terjadi,” Ceferin menambahkan.

Baca Juga:   Puluhan Rumah di Sukabumi Tertimbun Longsor