Liverpool Tolak Tawaran Takover Sebesar 2 Miliar Pounds

Rekanbola – Pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG) dikabarkan menolak mentah-mentah tawaran takover sebesar 2 miliar pounds.

FSG berasal dari Amerika Serikat. Perusaaan milik John W Henry ini mengambil alih Liverpool pada tahun 2010 silam senilai 300 juta pounds.

Saat itu mereka mengambil alih klub dari duo pengusaha asal Amerika juga, George Giller dan Tom Hicks. Awalnya kedua orang ini enggan menjual Liverpool akan tetapi pada akhirnya mereka dipaksa untuk melepas The Reds melalui keputusan pengadilan.

Rekor Dunia

 Sheikh Mansour © AFP

Kondisi Liverpool sekarang sudah jauh lebih bagus dibanding sebelum diambil alih oleh FSG. Alhasil The Reds mampu berinvestasi dengan baik di skuatnya. Performa tim asuhan Jurgen Klopp itu di atas lapangan pun juga ikut terangkat.

Menurut laporan dari BBC Sport, hal ini membuat Liverpool menjadi sangat memikat di mata investor asal Timur Tengah. Investor yang kabarnya adalah sepupu dari pemilik Manchester City Sheikh Mansour itu disebut melepas penawaran sebesar dua miliar pounds.

Baca Juga : Suruh Agenmu Tutup Mulut, Paul Pogba!

Akan tetapi pihak FSG menolak tegas tawaran itu. Bahkan tak ada pembicaraan sedikit pun antara kedua pihak.

Di sisi lain,jumlah itu disebut merupakan penawaran terbesar di dunia. Saat ini rekor takover terbesar masih disandang oleh Malcolm Glazer saat membeli Manchester United 790 juta pounds pada tahun 2005.

Alami Kemajuan

John W. Henry © Ist

Sejak ditangani oleh FSG, Liverpool mengalami kemajuan, khususnya dalam hal finansial. Alhasil mereka pun bisa membangun stand baru di Anfield.

Tak cuma itu, performa Liverpool di atas lapangan pun semakin membaik. Dalam tiga tahun terakhir The Reds mampu masuk final tiga kompetisi yang berbeda.

Baca Juga:   Juara Liga Europa, Griezman Tolak Bicara Masa Depannya

Baca Juga : Ronaldo ke Juve, Sergio Ramos ke Sampdoria?

Selain itu, Liverpool juga mampu bersaing dengan klub-klub raksasa Eropa dalam perburuan pemain berkualitas. Mereka juga mampu membeli pemain secara jor-joran dengan harga mahal tanpa tersandung peraturan Financial Fair Play.

Liverpool pada tahun 2018 ini masuk dalam 10 besar klub dengan pemasukan paling besar di dunia menurut Deloitte Football Money League. The Reds berada di posisi sembilan dengan income sebesar 424.2 euro.