Lubang Hitam Disebut Bisa Sokong Kehidupan

REKANBOLA – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Harvard University memberi definisi baru mengenai apa itu zona layak huni bagi planet, atau biasa disebut zona Goldilock. Itu merupakan istilah untuk menyebut suatu kawasan di sekitar Bintang dengan temperatur yang memungkinkan adanya air dalam bentuk cair di permukaan planet.

Tim dari Harvard tersebut mengatakan bahwa bukan cuma Bintang yang dapat menjadi pusat sebuah zona Goldilock. Sebuah lubang hitam, menurut mereka, juga bisa menjadi penyokong kehidupan bagi planet.

Argumen mereka berangkat dari kumpulan gas dan debu luar angkasa berbentuk piringan yang memutari lubang hitam bernama active galactic nuclei (AGN). Objek tersebut dapat memancarkan radiasi dan cahaya dalam jumlah yang sangat besar.

“Orang-orang kebanyakan berbicara mengenai efek berbahaya dari lubang hitam. Kami ingin menguji ulang seberapa bahaya radiasi itu, dan menantang diri kami sendiri apakah ada sisi positif dari situ,” ujar Manasvi Lingam yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Untuk melakukannya, tim peneliti tersebut membuat model komputer dari AGN agar dapat mengidentifikasi zona goldilock di sekitar lubang hitam. Jika sebuah planet berada di posisi yang tepat, mereka berpendapat bahwa atmosfernya tidak akan rusak.

Sejalan dengan itu, radiasi AGN dapat memecah molekulnya menjadi komponen penyokong kehidupan. Tak hanya itu, cahaya dari AGN juga disebut dapat memfasilitasi kegiatan fotosintesis.

Baca Juga:   Pangeran Saudi Dikabarkan Sepelekan Kematian Khashoggi