Luncurkan bus listrik, UI teken kesepakatan dengan 2 BUMN

REKANBOLA.COM – Universitas Indonesia (UI) menyeriusi inovasi bidang teknologi yakni bus dan mobil listrik. Tim riset mobil listrik UI atau Tim Mobil Listrik Nasional UI telah meluncurkan Molina UI-EV Bus. Bus listrik sebagai hasil riset yang sudah siap dikomersialisasi. Hal itu seperti yang tertuang dalam siaran persnya kepada Merdeka.com, Sabtu (30/6).

Bus ini bersifat ramah lingkungan dan hemat energi, dan siap untuk dipasarkan guna turut meramaikan industri otomotif di Indonesia dan merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan dan dipromosikan. Pengembangan bus listrik ini sejalan dengan tren kendaraan masa depan yaitu kendaraan dengan konsep hemat energi dan ramah lingkungan.

Disisi lain dengan pengembangan bus listrik ini UI turut serta dalam program pemerintah yaitu menurunkan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Maka itu, Rektor UI Muhammad Anis menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dengan Perum DAMRI serta PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero). Nota Kesepakatan Bersama itu, berisikan sama-sama bersepakat untuk mengembangkan operasi bus listrik produksi UI serta berkomitmen memesan beberapa unit bus listrik buatan tim Molina FTUI.

Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan semakin banyak industri atau perusahaan yang akan memesan kendaraan listrik buatan UI.

Ke depannya UI akan terus melakukan inovasi dan pengembangan bus listrik ini, tidak hanya dari segi kendaraan tapi juga beberapa hal yang mendukung operasionalisasi bus listrik seperti pabrikasi, charging station dan after sales service.

Untuk itu dukungan dari pemerintah dan industri sangat diperlukan sehingga kepercayaan dari masyarakat dan industri serta pemesanan mobil listrik nasional buatan UI akan meningkat serta UI berperan serta dalam berkembangnya industri otomotif di Indonesia

Baca Juga:   Bocoran Baterai Galaxy Tab S4 Terungkap Lewat Sketsa