Main Bola atau Futsal Bagus untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Rekanbola.com – Main bola atau futsal seminggu sekali menjadi pilihan olahraga sebagian warga perkotaan. Nyatanya, studi terbaru menyebut olahraga rekreasional seperti itu lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

Penelitian yang dilakukan Peter Krustrup dari University of Southern Denmark, mengatakan bahwa manfaat main bola untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah setara dengan lari dan zumba. Rutin main bola memuat kadar kolesterol lebih rendah, tekanan darah terjaga, dan denyut jantung saat istirahat lebih baik.

 

“Main bola bermanfaat untuk semua orang dari berbagai kalangan, jenis kelamin, usia hingga kebugaran. Tak perlu punya teknik yang hebat, main bola untuk rekreasional saja sudah memiliki manfaat baik,” ujar Krustrup yang merupakan pakar kesehatan olahraga, dikutip dari Reuters.

Studi yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine ini menganalisis 31 jurnal yang melihat manfaat olahraga sepakbola terhadap tekanan darah, denyut jantung saat istirahat dan kadar kolesterol.

Dibandingkan dengan tidak berolahraga, tekanan darah orang yang main bola lebih baik. Mereka yang mengidap hipertensi diketahui memiliki tekanan darah 11 mmHg lebih rendah daripada biasanya.

Tak hanya itu, denyut jantung mereka pun lebih baik saat istirahat, yakni 6 denyut per menit lebih lambat. Kadar kolesterol dan lemak tubuh juga lebih rendah, namun kemampuan melompat diketahui lebih baik.

Andre Seabra, pakar kedokteran olahraga dari University of Porto, mengakui bahwa sepakbola bukan satu-satunya olahraga yang memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Meski begitu, sepakbola bisa jadi alternatif bagi mereka yang tidak menyenangi olahraga di gym.

“Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer, murah, dan mudah dilakukan. Peraturannya pun tidak rumit, dan siapa saja bisa memainkannya,” ujar Seabra.

Baca Juga:   Menjijikkan, Perawatan Wajah Ini Justru Diminati Banyak Orang

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo