Makan Jamur Hutan, 800 Orang di Iran Keracunan
Rekanbola – Mungkin ini kejadian keracunan makanan dalam skala besar pertama di dunia. Karena makan jamur hutan ilegal, lebih dari 800 orang di Iran mengalami keracunan.
Dilansir BBC, 11 orang dipastikan meninggal karena keracunan jamur. Sementara ratusan lainnya dirawat di rumah sakit, dan sisanya mendapat perawatan di rumah.
Laporan dari media lokal Iran juga menyebut ada 2 orang pasien yang harus mendapatkan transplantasi liver karena kasus keracunan ini. Keracunan terjadi di Kermanshah, Iran bagian barat.
“Musim hujan membuat banyak jamur liar bermunculan di hutan, dan dijual oleh pedagang-pedagang di pinggir jalan. Harap diingat, tidak semua jamur bisa dimakan dan bahkan sebagian di antaranya berbahaya untuk manusia,” demikian dilansir BBC Persian.
Pakar menduga keracunan terjadi karena masyarakat mengonsumsi jamur Amanita phalloides. Sekilas, penampakannya memang mirip dengan jamur payung yang aman dimakan.
Namun jamur Amanita merupakan salah satu spesies jamur paling beracun, bahkan dijuluki sebagai death cap.
“Kami mengimbau masyarakat yang ingin mengonsumsi jamur, untuk membeli jamur yang dijual di tempat resmi, dengan kemasan yang aman dan bersih,” demikian imbauan dari pemerintah Iran.
(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Ronaldo Keluhkan Duel Lawan Spanyol