Mana yang Boleh Dibunuh, Cicak atau Tokek?

RekanBola.com – Dalam Islam, terdapat anjuran untuk membunuh jenis hewan melata. Hewan tersebut disebut dengan wazagh.

Banyak di antara umat Islam, termasuk ulama, memahami kata wazagh sebagai cicak. Tetapi, ternyata kata itu juga dapat bermaksud tokek.

Lantas, mana yang boleh dibunuh?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, perintah membunuh wazagh terdapat dalam beberapa hadis. Beberapa di antaranya seperti riwayat Muslim, dari Sa’ad bin Abi Waqqash.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dia berkata bahwa Nabi SAW memerintahkan untuk membunuh wazagh. Dan beliau SAW menjulukinya sebagai fuwaisiq (hewan kecil yang jahat).

Juga riwayat Muslim dari Abu Hurairah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Siapa yang membunuh wazaghah pada pukulan pertama maka dia akan mendapatkan pahala sekian dan sekian. Dan siapa yang membunuhnya pada pukulan yang kedua maka dia akan mendapatkan kebaikan sekian dan sekian di bawah kebaikan yang pertama. Dan siapa yang membunuhnya pada pukulan ketiga, maka dia akan mendapatkan kebaikan sekian dan sekian di bawah kebaikan yang kedua.

Dalam bahasa Arab, yang dimaksud al wazagh yaitu keluarga cicak. Tokek sendiri disebut Saam Abrash, sedangkan cicak adalah sihliyah.

Sebagian kalangan menganggap wazagh adalah cicak. Sementara yang lain menganggapnya sebagai tokek. Sementara terkait anjuran mana yang harus dibunuh, ada dua pendapat.

Pendapat pertama menyatakan baik cicak maupun tokek harus dibunuh. Konsekuensi hukum dua hewan ini adalah sama-sama haram.

Imam Nawawi mengatakan bahwa dalam bahasa Arab, cicak (al wazagh) masih satu jenis dengan tokek (saam abrash). Imam Nawawi menyebut tokek sebagai cicak besar.

Pendapat kedua, menyatakan hewan yang diharamkan adalah tokek dan bukan cicak. Makna wazagh lebih tepat diartikan sebagai tokek dan bahasa Arab cicak adalah sihliyah.

Baca Juga:   Keren Abis! 12 Iklan Menakjubkan di Tempat Umum yang Bikin Kamu Berdecak Kagum

Berita Menarik Lainnya :

Sama-sama jalani LDR, ini beda gaya pacaran Al Ghazali & El Rumi

Hamil anak kedua, 10 penampilan Nycta Gina tetap cantik tanpa riasan

Resmi putus, ini 9 momen kilas balik kemesraan Cita Citata dan Ardavan

Hasil gambar untuk MInion logo