Manfaat Kesehatan di Balik Manis Jambu Biji

REKANBOLA – Tak cuma dinikmati sebagai minuman pelepas dahaga, jambu biji punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah dengan nama latin Psidium guajava ini berasal dari Amerika Tengah. Manfaat buah dengan biji-biji kecil ini berasal dari kandungan nutrisinya seperti antioksidan, vitamin C, potasium, serat, vitamin A, dan kalsium.

Mengutip Healthline dan StyleCraze, berikut manfaat jambu biji untuk kesehatan.

1.Tingkatkan daya tahan tubuh
Tanpa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang dijual di pasaran, Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh hanya dengan mengonsumsi jambu biji. Satu buah jambu biji berukuran sedang mengandung 126 miligram vitamin C. Angka ini sama dengan 209 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk kebutuhan harian.

Vitamin C bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi bakteri atau virus penyebab penyakit.

2. Menyehatkan pencernaan
Konsumsi jambu biji juga berkontribusi pada kesehatan pencernaan dari serat alami yang dimilikinya. Satu buah jambu biji bisa menyediakan 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Tak hanya bagian dagingnya, daun dari buah ini juga berperan penting. Ekstrak daun bisa menghentikan gejala diare karena sifat antimikrobanya.

3. Jaga kesehatan jantung
Kandungan serat dalam jambu biji ampuh melawan kolesterol. Selain itu, potasium yang tinggi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Upaya untuk menyehatkan jantung juga bisa dibantu dengan daun buah dengan kandungan polysaccharides, sejenis karbohidrat, yang berperan sebagai antioksidan dan melawan proses oksidasi.

4. Bantu turunkan berat badan
Bagi mereka yang sedang menjalani diet, jambu biji patut masuk dalam menu harian. Satu buahnya hanya mengandung 37 kalori. Buah satu ini bisa dipilih sebagai makanan ringan rendah kalori.

Baca Juga:   Tempe 'Setipis Kartu ATM' Bisa Diolah Jadi Makanan Nikmat

5. Baik untuk kesehatan kulit
Jambu biji memberikan manfaat kesehatan untuk kulit. Kandungan vitamin di dalamnya bekerja sebagai antioksidan yang mampu mencegah kemunculan tanda penuaan dini.

Selain itu, daun dari buah ini juga bisa diaplikasikan langsung pada kulit berjerawat. Ekstrak daun terbukti efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.