Maria Sakkari Sabet Gelar WTA Perdana Di Rabat

REKANBOLA – Petenis unggulan keenam, Maria Sakkari asal Yunani sukses menyabet gelar turnamen WTA perdana dalam kariernya di Rabat Open.

Sempat kecolongan set pertama melawan petenis berkebangsaan Inggris, Johanna Konta di partai puncak, Sakkari mengerahkan kemampuan terbaik demi mengukir kemenangan 2-6, 6-4, 6-1.

Sakkari tiba di babak perebutan gelar dengan cukup gemilang, termasuk mengklaim kemenangan besar atas petenis unggulan pertama sekaligus juara bertahan, Elise Mertens dan petenis unggulan kedelapan, Alison Van Uytvanck. Sebagai hasilnya, ia membuka jalan menuju final turnamen WTA kedua dalam kariernya, setelah melakoni final di San Jose musim lalu.

Di sepanjang pekan, Sakkari belum kehilangan satu set pun, tetapi melawan Konta, ia dipaksa bermain ekstra keras setelah Konta mengklaim set pertama dengan cukup mulus.

Di set pertama, Konta tidak menghadapi satu pun break point sambil terus memberi tekanan kepada Sakkari, termasuk mendikte Sakkari dengan groundstrokenya, sehingga Konta berhasil menyambar keunggulan 5-1. Walaupun sakkari sempat menahan langkahnya, hal tersebut tidak cukup kuat menghentikan Konta untuk merebut set pembuka.

Walaupun meningkatkan level permainannya, Sakkari masih berjuang keras untuk mengatasi servis Konta, setelah Konta membuka set kedua dengan keunggulan tipis 3-2.

Sakkari akhirnya menemukan jalan menuju peluang break point pertamanya dan melalui game yang bertahan selama 8 menit 30 menit demi menyamakan kedudukan 4-4. Hal tersebut menjadi hal yang dibutuhkan sakkari dan Sakkari pun merebut dua game terakhir demi memaksakan set penentu.

Dengan momentum berpihak padanya, Sakkari tampil meyakinkan di set terakhir. Ia menguasai lapangan dengan baik dan terus menekan Konta, sehingga dihadiahi break point yang membuatnya unggul 3-1.

Baca Juga:   Dimitrov dan Zverev ke Babak Ketiga Usai Main Tiga Set

Sakkari mempertahankan keunggulannya dan menyambar tiga game selanjutnya secara beruntun sebelum menjatuhkan diri ke lapangan dengan penuh kegembiraan karena berhasil mengklaim gelar pertama dalam kariernya setelah 1 jam 56 menit.

Sementara Sakkari dijamin menembus peringkat 50 besar berkat kemenangan di Rabat, petenis unggulan ketujuh, Konta mendapatkan sisi positif dari sepanjang pekan yang dihabiskannya di Rabat. Final kali ini merupakan final pertama Konta sejak final di Nottingham musim lalu dan untuk kali pertama, Konta berhasil mengklaim kemenangan lebih dari dua secara beruntun di turnamen clay-court.