Masih dilakukan, 5 buah ini sebenarnya tak boleh disimpan di kulkas

Rekanbola – Kulkas atau lemari es merupakan tempat dimana kita menyimpan berbagai macam bahan makanan dan minuman, agar kesegarannya tetap terjaga. Namun, tidak semua makanan utamanya buah-buahan yang bisa disimpan dalam waktu lama di dalam kulkas. Bahkan, ada buah-buahan yang sama sekali tidak boleh disimpan di kulkas.

Beberapa buah, justru akan mengalami penurunan kualitas, jika disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Dilansir dari tribunnews.com (27/5) ada 5 macam jenis buah yang tidak baik jika disimpan di dalam kulkas, yaitu:

1. Semangka

Buah semangka ini terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Selain itu, buah ini juga digemari banyak orang karena rasanya manis dan menyegarkan. Di dalam semangka terkandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas. Buah ini tidak dianjurkan berada di dalam kulkas. Jika sudah dipotong, lebih baik langsung dikonsumsi. Apabila disimpan di dalam kulkas, kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh tersebut justru akan jauh berkurang.

2. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya yang segar dan dingin tentu nikmat. Namun rupanya, di balik kenikmatan tersebut, pepaya ternyata tidak dianjurkan disimpan di dalam kulkas. Penyebabnya hampir sama dengan semangka. Di dalam pepaya terdapat kandungan antioksidan, yang bisa berkurang apabila buah ini disimpan di dalam kulkas.

3. Pisang

Kualitas buah pisang akan jauh menurun, bahkan mungkin tidak bisa dikonsumsi sama sekali apabila disimpan di dalam kulkas. Buah yang kaya akan khasiat ini tidak memiliki pelindung alami untuk tetap tahan terhadap udara dingin. Jika disimpan di dalam kulkas, buah ini akan menjadi menghitam dan lembek. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun akan rusak.

Baca Juga:   Makanan-Makanan Ini Dikreasikan dengan Hewan Peliharaan, Lihat Tampilannya!

4. Melon

Jika ingin menyimpan buah yang satu ini ke dalam kulkas, perlu perlakuan khusus terutama untuk buah melon yang sudah dipotong. Apabila akan dimasukkan ke dalam kulkas, perlu dibungkus terlebih dahulu dan tidak boleh dalam jangka waktu lama. Hal ini dilakukan agar tekstur buah tidak berubah, karena jika berubah tentu akan sangat mengganggu selera kita untuk mengkonsumsinya.

5. Tomat

Buah yang masuk dalam kategori bumbu untuk olahan sayuran ini mengandung enzim yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apabila buah ini disimpan di dalam kulkas, rasa dan tekstur buah akan berubah dan enzim yang terdapat di dalamnya tidak bisa bekerja secara optimal.

Demikian informasi tentang buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas. Semoga bermanfaat.