Mau Bagi-bagi 1.000 Pengering Padi, Mentan akan Siapkan Rp 1 T

Rekanbola-  Untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya padi, Kementerian Pertanian akan menyediakan 1.000 dryer (pengering padi) untuk pertanian di wilayah seluruh Indonesia. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan menganggarkan dana Rp 1 triliun untuk penyediaan 1.000 dryer.

“Kami siapkan anggaran Rp 1 triliun untuk 1.000 dryer yang bagus. Insya Allah Jawa Timur mendapatkan bagian,” kata Amran Sulaiman usai membuka Rakor Bekerja di Vasa Hotel Surabaya Jalan Muhammad, Selasa (7/8/2018).

Menurut Amran usulan dryer tersebut datang dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

“Insya Allah Jawa Timur mendapatkan bagian, karena beliau (Gubernur Jawa Timur Soekarwo) yang mengusulkan ke Presiden,” ungkap Amran Sulaiman.

Sementara itu, Soekarwo mengatakan di wilayah Jawa Timur banyak padi yang siap dipanen, namun terkendala dengan proses pengeringan.

“Jawa Timur saat ini sudah tidak ada lagi gabah kering. Saat panen langsung dijual oleh petani,” kata Soekarwo.

Soekarwo menambahkan dryer menjadi penting untuk mendorong petani agar mengolah hasil panennya secara mandiri. Mulai dari proses primer hingga tersier. Mengingat pengembangan industri primer menjadi fokus, terutama pada proses industri pertanian baik secara agro industri dan agrobisnis di tengah terbatasnya lahan.

“Yang penting saat ini adalah memfokuskan proses industri pasca pane

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Tak Laku Tahun Ini, Pemerintah Lelang Tiga Blok di 2019