Mau Sukses Punya Bisnis di Luar Negeri? Ini Tips Jitunya

Rekanbola – Kesuksesan tidak hanya bisa diperoleh di dalam negeri. Seseorang juga bisa menjadi sukses di luar negeri. Mau tahu tipsnya?

CEO Crown Group Holding Iwan Sunito, yang jadi pengusaha sukses di Australia mengatakan, hal pertama yang harus dimiliki seseorang untuk bisa bersaing di luar negeri adalah keberanian untuk keluar dari zona nyaman.

Biasanya, kata Iwan, seseorang saat berada di luar negeri akan bergaul atau mencari orang yang juga berasal dari negaranya. Karena dia terbiasa dengan suasana dan kenyamanan seperti itu. Iwan mengatakan, mereka harusnya bisa mengambil tantangan.

“Sebetulnya tantangan orang Indonesia di luar negeri itu sering kali kita masuk ke dalam comfort zone kita karena kan lebih gampang ngumpul sama orang Indonesia,” jelasnya saat berbincang .

Iwan juga menjelaskan dengan bergaul bersama orang dari berbagai latar belakang bisa menambah wawasan. Ini akan memupuk rasa percaya diri seseorang. Dengan begitu, orang Indonesia dikatakan akan lebih percaya diri bersaing di luar negeri.

“Jadi pertama mengalahkan rasa minder ya. Kan orang Indonesia di negeri orang itu umum sih kan mengalami rasa seperti itu tantangan keluar dari comfort zone bergaul dengan masyarakat yang lebih luas,” katanya.

Hal lain yang tak kalah penting menurut Iwan adalah mencari tahu soal negara yang dituju. Caranya bermacam-macam. Namun berdasarkan pengalaman Iwan, salah satunya yaitu dengan cara menempuh pendidikan di negara tersebut.

Pengusaha properti ini juga sempat berkuliah di Negeri Kanguru hingga kini menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh di Sydney karena bisnis propertinya.

“Kalau mau bisnis ke luar negeri sekolah lah di luar negeri dulu supaya punya pengalaman setelah itu bekerja di sana jadi merintis. Dari kecil dulu,” tutur pria kelahiran Surabaya ini.

Baca Juga:   Ini 5 Sponsor Teraneh di Jersey Klub Sepak Bola Sepanjang Masa

Hal itu penting untuk mengetahui budaya, karakteristik masyarakat hingga tantangan bisnis yang akan dihadapi nantinya.

Lebih jauh Iwan mengatakan, bila sudah terjun dan menjalankan bisnis, yang harus dilakukan adalah fokus dan tekun menjalani bisnis tersebut. Itu adalah nilai yang mesti dijalankan dalam setiap bisnis agar mencapai kesuksesan. Jangan biarkan pikiran atau bisnis bercabang. “Jadi fokus, satu saja,” katanya.

Kemudian yang tak kalah penting adalah memiliki semangat juang dan pemenang yang tinggi. Ini menurut Iwan akan memperkuat mental kita saat mengalami kegagalan.

“Kalau gagal itu, bagus karena belajar. Kalau nggak ada itu, nggak jalan, jadi anggap itu suatu proses dalam hidup kita,” tuturnya.

Yang terakhir, kata Iwan adalah bergaul dengan orang-orang sukses. Karena mereka akan menyebarkan virus-virus kesuksesan.

“Berkumpul dgn orang hebat itu jangan insecure (minder) tapi inspired (terinspirasi). Jadi wah bagaimana dia bisa luar biasa. Jangan lihat kurangnya mereka, tapi lebihnya mereka, bagaimana belajarnya,” tutup Iwan.

(Kredit : www.detik.com)