Melihat Fiji, Kepulauan Cantik Bekas Rumah Suku Kanibal

REKANBOLA –  Fiji, negara kepulauan di Oseania, menjadi daya tarik wisatawan internasional. Alam dan lautnya luar biasa, tapi ada cerita suku kanibal juga.

Kepulauan Fiji tepatnya berada di selatan Samudera Pasifik, sebelah timur Vanuatu. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (30/5/2018) Fiji memiliki 322 pulau, namun hanya 106 pulau yang dihuni manusia.

Dulunya, Fiji merupakan negara jajahan Inggris. Mereka dijajah selama 96 tahun dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1970 silam. Ini mengapa, bendera Fiji mempunyai unsur bendera Inggris.

Penduduk resmi Fiji adalah Lapita. Orang-orang ini sudah ada di Fiji sejak 3.000 tahun yang lalu. Meskipun sekarang, adalah negara multinasional yang 50 persen dihuni oleh penduduk dari berbagai macam suku dan agama.

 

Baca Juga :

 

Ada yang menarik dari sejarah Fiji. Dulu, penduduk asli melakukan praktek kanibalisme. Tetapi, sejak sang Ratu Seru Cakobau menganut agama Kristen di tahun 1800-an kanibalisme ini berhenti.

Namun, seorang misionaris bernama Thomas Baker pernah menjadi korban suku kanibalisme. Bukan karena menyebarkan agama, tapi Thomas tidak sengaja menyentuh kepala pemuka desa di sana. Menurut mereka, tindakan tersebut merupakan penghinaan sekaligus ancaman bagi penduduk, jadilah ia seorang korban.

Namun, kini Fiji adalah negara yang indah dengan sejumlah potensi pariwisata. Pulau-pulau di sana menjadi destinasi wisatawan mancanegara. Pasir putih, laut biru dan sejumlah atraksi wisata laut bisa ditemukan di sana.

Jejak-jejak sejarah kanibalisme bisa ditemukan di sini. Misalnya makam seorang kanibal terkenal, Ratu Udre-udre yang telah memakan manusia sebanyak 900 orang, museum, sampai wisata alam ke gunung Tomanivi, gunung tertinggi di Fiji.

Baca Juga:   Ini yang Dilakukan Jack Ma Sebagai Pensiunan

Soal akses, dari Jakarta traveler bisa singgah ke Singapura. Dari sana, ada maskapai Fiji Airways yang dapat mengantar langsung ke Pulau Fiji. Biayanya memang tidak murah untuk paket wisata, harga tiket pesawatnya dimulai dari Rp 6-10 jutaan, untuk tur, berbeda masing-masing pulaunya.

Untuk pergi ke Fiji, wisatawan Indonesia bebas visa 120 hari. Asyik kan?

 

(Sumber : DETIK.COM)