Membahas Desain Oppo Reno yang Bikin Melongo

REKANBOLA –  Oppo Reno segera meluncur ke pasar Indonesia. Selain keunggulan dalam spesifikasi dan kamera, desainnya pun bisa dibilang tidak biasa.

Sebut saja dari sisi kameranya yang bersistem pop up dan lumayan mirip sirip ikan hiu, sampai adanya lingkaran kecil yang bikin penasaran di casing belakang.

Sophia Xie selaku Industrial Designer Oppo menyatakan layar luas nyaris tanpa bezel yang disebutnya ‘panoramic screen’ adalah salah satu kekuatan desain Oppo Reno

“Kami memiliki layar panoramic sehingga tidak ada apapun yang menghalangi pandangan Anda. Melihat video ataupun main game bisa dengan layar penuh, menghadirkan kesenangan dan pengalaman lebih baik. Itulah mengapa kami menyembunyikan kamera depannya,” sebut Sophia pada detikINET di Manila, Kamis (12/6) malam.

Kamera depan pop up memang sudah cukup jamak di pasar ponsel saat ini. Namun yang membedakan di Oppo Reno adalah ketika muncul wujudnya seperti sirip ikan hiu, di mana posisi kamera depan berada di sebelah kanan. Kenapa bukan di tengah atau kiri?

“Apakah Anda merasakannya lebih natural dan nyaman, dibandingkan di sisi lain? Kami telah melakukan riset pasar dan kebanyakan orang suka kamera di sebelah kanan. Kami sebenarnya tak tahu mengapa, mungkin hal itu sesuatu yang tak disadari. Seperti orang lebih banyak memakai tangan kanan,” papar Sophia.

Beralih ke bagian belakang. Oppo meletakkan 3 kamera Reno di bagian tengah secara vertikal pada sisi atas. Nah, ada garis di bawahnya bertuliskan Oppo dan juga sebuah lingkaran kecil dengan warna hijau yang mengelilinginya. Buat apa?

Sophia menjelaskan bahwa lingkaran itu bernama O Dot yang dari sisi artistik menurutnya menghadirkan kesan lebih premium. Serta dengan warna khas hijau, menandakan Reno adalah produk Oppo. “Kami menciptakan ponsel seperti seorang seniman, jadi soal keotentikan selalu jadi yang pertama,” kata Sophia.

Baca Juga:   Bos Huawei Sindir Galaxy Fold

“Juga ada tujuan fungsionalnya. Karena kami menyembunyikan kamera di bawah kaca, jika tidak ada dot ini, maka bila Anda meletakkannya di permukaan atau di meja, dalam jangka panjang mungkin ada goresan di lensanya. Sehingga dot ini membantu melindungi kamera,” tandasnya.

Sedangkan mengenai warna Reno, Sophia memaparkan bahwa Oppo selalu mempelajari soal tren yang tengah berlangsung dan mengadakan riset soal jenis warna apa yang digemari konsumen. Oppo Reno pun menghadirkan warna gradasi dengan tekstur dan kualitas yang diklaim mumpuni.

Saat dipasarkan di Indonesia, Oppo Reno akan ditawarkan dalam pilihan warna Jet Black dan Ocean Green. Dilihat detikINET untuk versi Ocean Green, siraman warna di Oppo Reno terlihat gradasi sesuai arah cahaya, tapi tidak terlampau berkilauan. Sehingga kesannya lebih elegan.

Satu catatan barangkali adalah Oppo Reno tidak dibekali dengan kemampuan tahan air. Akan tetapi hal tersebut saat ini wajar saja, pasalnya belum ada smartphone dengan sistem pop up mengusung kemampuan tersebut.

“Karena struktur kameranya, secara teknis tidak waterproof. Hal itu sama saja dengan merek-merek lain. Kami sedang coba mengerjakannya dan mungkin nanti harapannya juga bisa diterapkan waterproof,” sebut Sophia.