Mendag Targetkan RI Rebut Pasar Tekstil AS dari China

Rekanbola –  Dalam situasi perang dagang antara China dan Amerika serikat (AS), Indonesia mengambil peluang ekspor ke AS, salah satunya tekstil. Indonesia akan memanfaatkan situasi perang dagang ini untuk ‘merebut’ pasar tekstil AS dari China.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, akhir Juli lalu telah bertemu pelaku usaha AS untuk membahas peningkatan ekspor, salah satunya tekstil.

“Kita akan menyerap cotton mereka karena memang kita impor dari sana. Di sisi lain, market share Indonesia ke AS hanya 4,5% sementara impor tekstil dan garment AS dari China 26%,” kata Enggar saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta Senin (6/8/2018).

Menurut Enggartiasto situasi peningkatan tarif dagang di antara AS dan China akan mendorong ekspor tekstil Indonesia akan menjadi prioritas.

“Nah dengan peningkatan tarif antara kedua negara itu, kita minta market ekspor kita diprioritaskan karena harga pasti lebih murah. Pengusaha sanapun mengakui kualitas kita tidak kalah,” kata Enggartiasto.

“Dalam bisnis forum kita sampaikan sikap-sikap Indonesia, kedatangan kami ke AS untuk menyerap berbagai produk yang mereka alami kesulitan. Tapi sebaliknya, tolong serap produk-produk Indonesia yang mereka alami kesulitan dengan harga naik dari China,” Sambung Enggartiasto.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Melantai di BEI, Saham BLUE Menguat 69 Persen