Mengapa Ronaldo Dapat Kartu Merah? Begini Penjelasan Clattenburg

Rekanbola – Kartu merah yang diberikan kepada Cristiano Ronaldo saat Juventus bertandang ke Valencia mendapatkan reaksi beragam. Mantan wasit Inggris, Mark Clattenburg, meyakini asisten wasit melakukan kesalahan.

Kejadian bermula pada menit ke-29, di mana Juventus sedang melakukan serangan dari sisi sayap. Ronaldo yang berlari ke tengah untuk menerima umpan bersenggolan dengan bek Valencia, Jeison Murillo.

Ronaldo terlihat cukup geram karena Murillo terjatuh dengan sedikit berlebihan. Ia memegang kepalanya dan menjadi penyebab dirinya diganjar kartu merah oleh sang wasit, Felix Brych.

Scroll ke bawah untuk membaca komentar Mark Clattenburg.

 

Asisten Wasit Salah Kaprah

Menilik kejadian tersebut, Clattenburg punya analisis soal keputusan wasit. Ia menganggap asisten wasit yang membantu Brych membuat keputusan salah menangkap tindakan yang dilakukan Ronaldo.

“Ronaldo cukup jelas terlihat kesal dengan akting Murillo dan menaruh tangannya di kepalanya,” ujar Clattenburg kepada Daily Mail.

“Sentuhannya sangat kecil, day saya tidak percaya bagaimana asisten wasit, berdiri sejauh 20 yards, menganggapnya sebagai perilaku kekerasan,” tambahnya.

 

Seharusnya Hanya Kartu Kuning

Clattenburg pun memastikan bahwa dirinya tidak akan memberikan kartu merah kepada Ronaldo jika dirinya memimpin pertandingan tersebut. Menurutnya, kartu kuning merupakan hukuman yang pantas.

“Bila saya memimpin laga ini, saya akan memberi Valencia tendangan bebas dan menunjukkan kartu kuning kepada keduanya,” lanjutnya.

“Ronaldo akan mendapatkan larangan bermain satu pertandingan, tetapi lebih dari itu akan berlebihan,” tutupnya.

Jika demikian, maka Ronaldo akan absen dalam laga kontra Young Boys nanti. Namun menurut laporan terakhir, bintang asal Portugal tersebut bisa diganjar larangan bermain tiga pertandingan.

Baca Juga:   Terbang ke Italia, Mino Raiola Tuntaskan Trasnfer Pogba dan Ibrahimovic?