Mengenal Fitur eSIM di iPhone XS, XS Max dan XR

REKANBOLA – Selalu ada sisi menarik yang bisa ditelisik dari sebuah ponsel, mulai dari kecanggihan layar, kemampuan kamera hingga performa hardware yang disematkan di dalam ponsel.

Salah satu fitur yang menjadi sorotan ialah Dual-SIM yang ada pada iPhone XS, XS Max dan XR. Dilansir BGR, Sabtu (22/9/2018), Apple tampaknya terinspirasi dari penggemar mereka di pasar seperti China dan India.

Di negara ini, pengguna cenderung memiliki lebih dari satu koneksi mobile. Sehingga, Apple pun menyediakan fitur Dual-SIM untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel tersebut.

Perusahaan asal Cupertino itu membagi pasar dengan perbedaan fitur Dual-SIM khusus untuk pasar China, Hong Kong serta Macau yakni dengan slot kartu dual SIM fisik, sedangkan versi global dengan SIM card fisik dan eSIM.

Lalu, apa menariknya fitur eSIM ini? Bila pengguna telah mengetahui tentang slot kartu Dual SIM fisik, maka eSIM merupakan fitur terkini yang ditanamkan pada ponsel, memungkinkan ponsel menjalankan layanan seluler tanpa perlu pengguna memasukan SIM Card fisik.

eSIM memungkinkan pengguna memiliki lebih dari satu koneksi mobile. Anda bisa mengatur beberapa jaringan untuk bekerja pada eSIM dan perangkat yang sama.

Ini menunjukkan bahwa iPhone terbaru tampaknya bisa memiliki lebih dari dua koneksi mobile yang diatur pada perangkat. Hanya saja, Apple tidak langsung mengaktifkan eSIM ini sebelum dikeluarkannya update software.

Untuk versi global, iPhone yang beredar saat ini baru bisa menjalankan satu koneksi mobile. Ketika Apple merilis update software, eSIM yang terdapat di ponsel akan tersedia untuk konfigurasi.

Ini bisa dilakukan dengan cara menuju ke pengaturan, di mana Anda bisa menemukan opsi Cellular dan memilih untuk menambah rencana seluler.

Baca Juga:   Ini Dia Mirrorless ala DSLR Baru Fujifilm

Kemudian pengguna akan dapat memindai kode QR yang disediakan operator mobile dan memasukan kode konfirmasi, yang juga disediakan oleh operator.

Setelah terhubung, lalu pengaturan jaringan akan dapat dilakukan melalui eSIM pada ponsel.