Mengenal Keluarga Terkaya di Asia, Hartanya Sampai Rp 640 T

Rekanbola – Forbes mencatat Mukesh Ambani mengantongi total kekayaan US$ 44,8 miliar atau setara Rp 640,64 triliun menjadikannya orang terkaya di Asia.

Pria kelahiran Aden, Yaman, 19 April 1957 ini memiliki dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari serta satu adik laki-laki, Anil Ambani. Kesuksesannya menjadi seorang pengusaha diwarisi dari sang ayah Dhirubhai Ambani.

Dhirubhai awalnya bekerja di sebuah perusahaan minyak dan gas di Yaman. Karir bisnis Dhirubhai dimulai sekitar tahun 1958 dengan mendirikan sebuah perusahaan jual beli rempah di Mumbai sekitar tahun 1958.

Kemudian, Dhirubhai beralih ke bisnis tekstil yang kemudian tumbuh menjadi bisnis yang sukses dan besar.

Kala itu, perusahaan yang diberi nama Reliance Textile Industries meluncurkan produk andalan mereka, Vimal yang populer di India.

Tahun 1981, lulusan Teknik Kimia di Institute Of Chemical Technology, Mukesh resmi bergabung di Reliance Industries dengan ayahnya.

Mukesh bergabung sebagai penggagas integrasi dari tekstil ke serat polyester hingga kemudian ke hasil olahan minyak bumi.

Di tangan pria yang menyelesaikan pendidikan S2-nya di Standford University itu Reliance Industries banyak mengalami kemajuan.

Selama bekerja di Reliance Industries, Mukesh banyak belajar dari sang ayah yang sekaligus menjadi guru dan motivator bisnisnya, Dhirubhai.

Dhirubhai menanamkan bahwa cuma mengejar uang semata tak akan membuat seseorang bisa jadi seorang pengusaha sukses. Yang terpenting adalah bagaimana fokus mengembangkan bisnis itu sendiri dan uang nanti akan mengikuti.

Tahun 2002, Reliance Industries kehilangan Dhirubhai akibat stroke. Singgasana bisnis pun diwariskan ke Mukesh dan adiknya, Anil. Reliance pun berkembang pesat dan mulai merambah ke bisnis minyak dan gas.

Baca Juga:   Putus Rantai Pengijon, Bulog Beli 800 Ton Beras Petani Kalteng

Selain bisnis sektor migas, reliance juga terus mengembangkan bisnis ke sektor telekomunikasi.

Saham Reliance Industries milik Mukesh Ambani melonjak tajam di tahun 2017 ditopang oleh membaiknya bisnis pemurnian dan tingginya permintaan di lini bisnis telekomunikasi, Reliance Jio.

Konglomerat minyak dan gas itu memicu perang tarif sektor telekomunikasi di India setelah peluncuran layanan 4G Jio pada 2016. Sejak saat itu, Jio berhasil menggaet hingga 140 pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *