Mengenal Mason Greenwood, Calon Superstar Manchester United

REKANBOLA – Tim muda Manchester United tak ada henti-hentinya menghasilkan produk bertalenta. Setelah Marcus Rashford dan Scott McTominay, kali ini ada Mason Greenwood yang digadang-gadang sebagai calon bintang baru klub berjuluk The Red Devils tersebut.

Meski umurnya masih belia, yakni 17 tahun, Greenwood sudah membuktikan bahwa dirinya punya kualitas untuk membela tim senior. Pada bulan Maret lalu, di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, ia akhirnya mencatatkan penampilan debutnya di Manchester United.

Yang lebih spesialnya lagi, Greenwood mencatatkan penampilan perdananya bersama Manchester United saat menghadapi PSG di ajang Liga Champions. Empat hari berselang, ia tampil di Premier League untuk pertama kalinya dengan Arsenal sebagai lawannya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

Pujian dari Solskjaer

Solskjaer punya penilaian yang tinggi terhadap kualitas Greenwood. Oleh karena itu, ia berjanji akan memainkannya sejak menit awal saat Manchester United berhadapan dengan Cardiff City di laga Premier League akhir pekan nanti.

“Di lini tengah, depan, kami punya banyak pencetak gol dalam tim kami,” tutur Solskjaer soal timnya jelang menghadapi Huddersfield Town akhir pekan kemarin, dikutip dari Goal. “Kami punya sejumlah pemain muda yang bermunculan,” sambungnya.

“Harapannya, kami bisa melihat Mason sebelum akhir musim, tidak sekarang, karena dia masih cedera, tapi harapannya di laga terakhir melawan Cardiff dia bisa menyelesaikan cederanya dan siap untuk tampil,” lanjutnya.

17 Gol dari 21 Laga

Kekaguman Solskjaer terhadap Greenwood didasari oleh alasan yang jelas. Pemain kelahiran Bradford itu masuk ke dalam skuat U-18 kala umurnya masih 16 tahun, dan langsung mencatatkan 17 gol dari 21 penampilannya.

Baca Juga:   Cech: Lampard Bukan Satu-Satunya Kandidat Manajer Chelsea

Ketajamannya berlanjut pada musim ini, di mana ia berhasil mencetak 30 gol hanya dari 29 laga saja. Termasuk hat-trick yang ia bukukan ke gawang Chelsea di ajang FA Youth Cup bulan Desember lalu. Padahal, Chelsea merupakan juara kompetisi tersebut lima kali berturut-turut.

Solskjaer bukan satu-satunya orang yang mengagumi kualitas dari Greenwood. Pelatih U-18, Neil Ryan, juga turut memujinya setelah mencetak hat-trick yang membantu Manchester United menang atas Chelsea.

“Gol kemenangan Mason sangat jelas, anda bisa lihat bahwa dia akan memberikan gol kepada anda, dan dia selalu berbahaya,” tutur Ryan dikutip dari Goal.

“Saya pikir kami adalah klub bagus yang bisa mendiamkan segala keramaian, karena dia masih punya jalan yang panjang; mari akui ini. Tapi dia bermain dengan sangat, sangat baik tahun ini,” tandasnya.

Mirip Thierry Henry

Selama ini, Greenwood selalu diposisikan sebagai penyerang. Namun ternyata ia bisa mengisi semua peran di lini depan. Saat masih bermain di level U-18 musim lalu, ia kerap dimainkan dengan peran sebagai No.10.

Ia handal dalam melewati pengawalan bek lawan. Kerap kali ia beraksi di sektor kiri penyerangan. Dan saat berada di posisi tersebut, ia akan memperlihatkan kecepatan serta kepercayaan diri untuk membawa bola yang bisa mengingatkan publik kepada sosol Thierry Henry.

Umurnya masih 17 tahun, jelas bahwa publik belum bisa berharap banyak darinya sekarang. Tapi keistimewaan berlatih dengan banyak pemain berkelas seperti Paul Pogba, Juan Mata, hingga Romelu Lukaku diyakini bakal membuatnya semakin terasah.