Mengharukan! Film India Ini Jadi Contoh Orangtua Bantu Anak Sukses di Masa Depan

LUCU

Rekanbola.com – Pengorbanan orangtua demi anaknya memang tak mengenal batas. Semua hal rela diberikan orangtua agar anaknya selalu mendapatkan yang terbaik agar menjadi orang yang sukses di masa depan.

Pengorbanan ini juga terlihat pada film 3 Idiots. Pada film yang menceritakan perjuangan tentang tiga mahasiswa teknik ini, terdapat adegan yang menceritakan Ayah Farhan Qureshi, salah satu tokoh utama, yang rela menggunakan seluruh penghasilannya agar sang anak bisa menjadi seorang insinyur terkenal.

Dalam film tersebut, Ia bahkan rela tak membeli mobil dan terus menggunakan motor tuanya demi membiayai pendidikan Farhan. Bahkan dari seluruh ruangan di rumahnya, hanya kamar Farhanlah yang diberi AC oleh sang Ayah. Semua itu ia lakukan agar Farhan bisa nyaman dalam belajar dan selalu mendapatkan nilai yang sempurna. Apa yang dilakukan oleh ayah Farhan bisa ditiru, apalagi bagi mereka yang menginginkan anaknya rajin belajar sehingga sukses di masa depan.

Selain rela berkorban seperti yang dilakukan Ayah Farhan, berikut hal-hal yang perlu dilakukan oleh para orangtua agar anaknya rajin belajar dan bisa sukses ketika dewasa:

1.      Beri Motivasi dan Pujian

 

Jika pada awalnya anak malas untuk belajar, terapkanlah cara belajar yang menyenangkan dan mendukung anak jadi bersemangat untuk belajar. Misalnya saja belajar sembari bermain dan mempraktikkan secara langsung apa yang sedang dipelajari.

Tak hanya itu, jika anak mendapatkan nilai bagus atau naik peringkat di sekolah, janganlah ragu untuk memberikan pujian. Pujian ini merupakan bentuk penghargaan kita kepada usaha anak dan membuat anak berpikir bahwa yang ia lakukan tidaklah sia-sia.

2.      Tumbuhkan Kebiasaan Membaca

Meskipun anak era sekarang lebih memilih gadget untuk setiap aktivitasnya. Hendaknya ajarkanlah juga kebiasaan membaca buku kepada anak. Pada awalnya, aturlah waktu membaca bersama sehingga anak bisa mengikutinya.

Ini dilakukan karena kebiasaan anak biasanya datang dari tingkah laku yang ada di lingkungan terdekatnya. Maka dari itu, perlihatkan bahwa membaca itu sangatlah menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka.

3.      Ciptakan Suasana Belajar yang Menantang, Menyenangkan dan Nyaman

Proses belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas, tapi terjadinya juga di luar kelas dan di dalam rumah. Pada awalnya tumbuhkanlah rasa ingin tahu yang tinggi pada anak sehingga mereka berani bertanya dan mampu mengeksplorasi serta mencerna akan setiap pelajaran yang mereka dapatkan. Ini dimaksudkan agar proses belajar menjadi sangat menyenangkan bagi mereka

Kenyamanan dalam belajar juga harus diperhatikan, terutama kamar tempat anak belajar.

Berita Menarik Lainnya :