Menhub Ingin Banyak Lulusan Vokasi Maritim RI Kerja di Luar Negeri

Rekanbola-  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, berharap lulusan sekolah-sekolah maritim di Indonesia bisa lebih banyak terserap di pasar tenaga kerja luar negeri.
Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong lulusan sekolah vokasi kelautan bisa memberdayakan ekonomi di daerahnya.

“Kita ingin sekali lulusan-lulusan dari akademi sekolah tinggi maritim bisa berkesempatan kerja di luar negeri. Kami sedang merintis kerja-kerja itu, kesempatannya banyak sekali. agar kesempatan tenaga kerja dari Jawa Tengah ini bisa bekerja di mana-mana,” kata Budi di acara Diklat Permberdayaan Masyarakat, Simpang Lima Semarang, Minggu (12/8/2018).

“Yang kedua pemberdayaan masyarakat, kita menyekolahkan atau memberi kursus lebih dari 1.000 orang. Supaya di kabupaten-kabupaten mereka dapat kesempatan kerja. Di Kemenhub ada 100.000 orang yang disekolahkan vokasi tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi, mengungkapkan pekerjaan rumah dalam peningkatan kualitas lulusan sekolah vokasi maritim ada pada kemampuan bahasa asing.

“Di era yang global ini semuanya adalah kompetisi. Dan kompetisi itu kita butuh SDM yang perlu ditingkatkan. Kapabilitas dan kapasitas harus ditingkatkan, salah satu yang harus diperkuat adalah pendidikan bahasa. Kesempatan kerja di luar untuk alumni cukup banyak. Tapi dalam persaingan kita kekurangan dari segi bahasa,” ujar Retno.

Retno menilai, peningkatan kemampuan bahasa asing pada sekolah-sekolah vokasi di bawah Kemenhub perlu dipercepat. Ini mengingat peluang-peluang bekerja di luar negeri bagi lulusan sekolah maritim semakin terbuka dan terus berkembang.

“Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan melihat mana yang harus ditingkatkan. Sementara dari kita adalah melihat peluang-peluang bekerja di luar negeri seperti apa,” pungkas Retno.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Jurus Tipu-tipu Calo Bawa Kabur Rp 300 Juta Uang Calon Mahasiswa UIN