Menurut Low, Messi Lebih Komplit Ketimbang Ronaldo

REKANBOLA – Cristiano Ronaldo meraih empat gelar Ballon d’Or dalam kurun waktu empat tahun terakhir dan selalu menjadi andalan Real Madrid. Namun bagi pelatih Jerman, Joachim Loew, kemampuan Lionel Messi lebih komplit ketimbang pemain asal Portugal tersebut.

Messi dan Ronaldo sudah tak perlu lagi diragukan kualitasnya, terbukti dengan dominasi keduanya dalam penghargaan Ballon d’Or 10 tahun terakhir. Meskipun demikian, perdebatan mengenai siapa yang terbaik hingga saat ini masih belum menunjukkan hasil.

Dari segi prestasi, keduanya pun terbilang sama-sama telah mempersembahkan banyak gelar kepada klubnya. Namun jika menilik ke level internasional, Ronaldo terbilang lebih baik karena telah menyumbangkan satu gelar Piala Europa 2016.

Messi sendiri hingga saat ini masih belum mempersembahkan gelar apapun kepada negaranya, Argentina, dan sering menjadi sasaran kritikan karena itu. Namun, Loew tetap beranggapan bahwa pemain Barcelona tersebut masih lebih komplit ketimbang Ronaldo.

“Saya tetap memilih Messi. Cristiano Ronaldo memang sensasional, seorang profesional yang sangat baik, mesin gol yang luar biasa, tapi Messi adalah pemain paling komplit yang pernah saya lihat,” ujar Loew kepada Bild.

“Dia adalah pemain yang hebat. Dia menghasilkan 30 sampai 40 asis dalam 10 tahun terakhir dan juga mencetak sekitar 50 gol,” lanjutnya.

“Dia bisa meninggalkan delapan hingga sembilan pemain dan golnya selalu berbekas di benak anda,” pungkasnya.

Keduanya akan kembali bersaing dalam perebutan gelar Piala Dunia bersama negaranya masing-masing, mulai bulan Juni mendatang. Ronaldo bersama Portugal berada di grup B. Sedangkan Messi dan Argentina ada di grup C.

BACA JUGA :

Baca Juga:   Mane Tampil di Bawah Standar, Klopp Tak Risau