Miris, 46 Kotak Suara di NTT Rusak

Rekanbola – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT menyebutkan sebanyak 46 kotak suara yang diterima diketahui mengalami kerusakan saat diperiksa.

“Ada 46 kotak suara yang dikirim ke kami dan ternyata alami kerusakan,” kata Sekretaris KPU NTT Ubaldus Gogi kepada wartawan di Kupang, Jumat (4/1).

Hal ini disampaikannya saat ditanyai terkait kesiapan dari KPU NTT untuk Pemilu 2019 yang pelaksanaannya akan dilaksanakan pada April mendatang.

Selain puluhan kotak suara yang rusak, pihaknya juga menerima empat botol tinta yang diterima juga dalam kondisi rusak.

Selain sejumlah logistik itu yang ditemukan rusak, pihaknya juga mengeluhkan masih mengalami kekurangan sebanyak 155.942 logistik Pemilu 2019.

“Kami juga alami kekurangan sejumlah logistik diantaranya seperti kotak suara, tinta, segel, bilik suara, sampul, dan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS),” tambahnya.

Dari hasil pengecekan kata dia, terdapat 42 kotak suara yang rusak, di antaranya tiga kotak suara di KPU Malaka, 38 kotak suara di KPU Ende, dan satu Kotak suara di KPU Sikka.

Kekurangan terbanyak terdapat pada segel sebanyak 50.804 buah, masing-masing KPU Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 21.355 buah serta KPU Ende sebanyak 29.499 buah Sementara itu untuk bilik suara ditemukan juga kurang lebih 5.639 buah yang rusak di enam KPU kabupaten yakni Sumba Barat Daya, Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Timur, dan Malaka, dan TTS.

“Kami sudah inventaris dan sudah dilaporkan ke KPU dan KPU akan segera menggantinya,” tambah dia.

Sementara itu terkait menjaga keamanan kotak suara, kata dia, pihaknya sudah memastikan bahwa ruangan yang digunakan untuk menyimpan kota suara dalam kondisi aman, dan tidak ada masalah.

Baca Juga:   Tanpa Messi, Argentina Cuma Tim Biasa