Miris! Banyak Milenial Maksa Beli Mobil Demi Pamer di Sosmed

Rekanbola – Sosial media cukup berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sosial media tidak hanya menimbulkan dampak positif, ada juga dampak negatifnya.

Dampak positifnya sosial media bisa menginspirasi namun dampak negatif justru bisa membuat orang termotivasi melakukan hal buruk. Termasuk kalau kita membicarakan kendaraan. Kalau kita melihat sisi baik sosial media terkait kendaraan itu akan membuat kita termotivasi untuk membelinya.

Sementara jika ada akun yang justru melakukan hal negatif dengan kendaraannya juga mungkin saja ditiru oleh para pengikutnya.

hampir seperempat milenial atau sekitar 22 persen di rentang usia 19-36 mengaku Facebook memberikan dampak besar saat mereka membeli mobil. Sementara 16 persen sisanya memiliki keinginan membeli mobil setelah melihat Instagram.

Dalam sebuah penelusuran yang dilakukan salah satu lembaga pembiayaan di Inggris Admiral Car Finance, postingan selebriti dengan mobilnya juga mempengaruhi 16 persen kaum milenial dalam memilih mobil dan 37 persen sisanya membeli mobil setelah melihat postingan para influencers.

Banyak juga dari mereka yang nekat untuk membeli mobil mirip dengan idolanya tanpa berkaca kondisi keuangannya. Di atas kertas penghasilan mereka tidak cukup untuk membeli mobil. Namun demi membeli mobil mirip idolanya, mereka rela kredit dengan cicilan besar setiap bulannya hanya agar dibilang mirip dengan sang idola.

Dalam studi itu juga ditemukan lebih dari 1 orang dari 10 orang yang disurvei sudah menyisakan setengah gajinya untuk membeli mobil. Usai membelinya mereka langsung posting dengan mobilnya itu.

Di Inggris, mobil seperti BMW i8, Audi R8, dan Ford GT paling menarik perhatian kaum milenial di usia tersebut.

“Saat membeli mobil hal yang perlu diperhatikan bukanlah sosial media supaya dianggap keren tetapi memilih mobil yang terjangkau sesuai dengan kondisi keuangan. Sehingga mereka tidak memaksakan kalau keuangannya tidak cukup,” tutur CEO Admiral Loans Scott Cargill.

Baca Juga:   Tak Ada Barang Mewah Saat Bos Microsoft dan Facebook Bertemu

“Selebriti dan influencers itu difoto di mobilnya memang karena itu mobilnya sendiri atau sekadar kebutuhan sponsor hingga iklan saja,” pungkas Scott.

(Kredit : www.cnnindonesia.com)