Monchi Bagikan Tips untuk Jadi Direktur Olahraga Jempolan

Rekanbola – Direktur olahraga kawakan milik AS Roma, Monchi mencoba membagikan beberapa tips untuk menguasai pekerjaan yang kian penting itu. Dia percaya direktur olahraga adalah salah satu bagian penting dalam klub modern ini.

Sederhananya, direktur olahraga adalah pihak yang berperan penting dalam mengontrol pembelian dan penjualan pemain. Dia harus bisa memenuhi permintaan pelatih, menemukan pemain yang sesuai dengan kriteria pelatih.

Beberapa nama direktur olahraga terbaik yang beredar saat ini adalah Giuseppe Marotta, Txiki Begiristain, Michael Zorc dan Monchi sendiri. Amati saja klub yang memiliki nama-nama tersebut, mereka pasti memiliki pemain-pemain hebat.

Lalu, apakah rahasia Monchi dalam mendapatkan pemain-pemain hebat yang sesuai dengan kebutuhan klub? Baca komentar selengkapnya di bawah ini:

 

Gerak Cepat

Menurut Monchi, satu hal paling penting bagi direktur olahraga adalah gerak cepat. Dia menjamin pekerjaan ini tidak memungkinkannya untuk bersantai atau menunda-nunda pekerjaan.

“Satu kemampuan terpenting bagi direktur olahraga adalah pergerakan cepat, karena tak boleh buang-buang waktu. Kami harus selalu bisa dijangkau, bisa berkomunikasi dengan mereka yang mengontrol departeman scouting, dan harus tahu bagaimana caranya mengirim utusan ketika dibutuhkan,” kata Monchi di tribalfootball.

“Faktanya, pekerjaan direktur olahraga adalah kerja keras tim, dan anda harus tahu kapan waktunya anda ingin berada di puncak.”

 

Rencana Berlapis

Lebih lanjut, Monchi juga mengatakan pentingnya memiliki rencana cadangan. Saat mengejar satu nama, dia harus selalu menyiapkan nama lain sebagai opsi jika prioritas utama mereka gagal.

“Saya tak menganggap diri saya sebagai negosiator, anda harus punya kepala yang lebih dingin dari saya. Strategi saya adalah selalu memiliki beberapa opsi.”

Baca Juga:   Highlights Copa America 2019: Brasil 0-0 Paraguay (Penalti 4-3)

“Sebagai contoh, jika saya medekati tim dan mereka tahu saya menyukai kiper mereka yang seharga 7-10 juta euro, mereka mungkin meminta 15 juta euro dari saya,” sambungnya.

“Sangatlah penting untuk memiliki rencana cadangan, tetapi tak hanya itu – anda harus punya daftar sepanjang mungkin.”

 

Mediator

Lebih lanjut, Monchi juga selalu mencoba bersikap netral. Dia tak pernah hanya mengutamakan kepentingan timnya, Monchi selalu memikirkan kepentingan tim penjual.

“Sangatlah penting bagi setiap pihak untuk merasa puas, karena semuanya akan kembali pada anda. Anda harus selalu berada di posisi yang terbaik tetapi tak pernah mengambil keuntungan dari setiap pihak.”

“Anda akan mendapat keuntungan seiring waktu berjalan,” tandasnya.