Mudik ke Palembang, Main ke 7 Destinasi Ini Ya

REKANBOLA – Mudik ke Palembang jangan ke Jembatan Ampera Saja. Yuk, main-main le 7 destinasi menarik ini saat libur Lebaran.

Palembang memiliki potensi wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Kota ini punya beragam pesona wisata, mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner khas, olahraga, hingga wisata religi.

Membahas tentang wisata religi, inilah 7 destinasi Wisata Religi di Palembang yang bisa traveler sambangi saat libur lebaran nanti.

 

Baca Juga :

 

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang ini bernama lengkap Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, yang merupakan masjid tertua di Palembang dan didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada abad ke-17. Masjid ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, 19 Ilir, Palembang.

 

2. Al Quran Al Akbar

Al Quran Al Akbar merupakan Al Quran yang dipahat pada permukaan kayu tembesu, berukuran panjang 177 cm dan lebar 140 cm, dengan ketebalan 2,5 cm. Al Quran ukiran kayu terbesar pertama di dunia ini berada di Jalan Moh. Amin, Gandus, Palembang.

 

3. Kampung Arab Almunawar

Kampung Arab Almunawar dihuni oleh masyarakat Palembang keturunan Arab yang masih memegang teguh adat dan budayanya. Di sini kita bisa menyaksikan atraksi irama gambus, serta menikmati nasi minyak dan kopi cap sendok khas kampung ini. Berlokasi di Lorong Al-Munawar No.13, 13 Ulu, Palembang, tepat di bantaran Sungai Musi, membuat Kampung Arab Almunawar tampak begitu bersahaja.

Baca Juga:   Pertanyaan Maut Wawancara Kerja, "Menurutmu, Untuk Apa Perusahaan Memakaimu?", Ternyata 95% Orang Selalu Salah Menjawab!

 

4. Masjid Ki Marogan

Masjid yang berada di Jalan Ki Marogan, Kertapati, Palembang, ini dibangun pada tahun 1870, terletak tepat di tepian Musi. Di samping masjid terdapat makam Ki Marogan, seorang ulama dan hartawan yang mendirikan masjid ini dan makamnya sering dikunjungi peziarah dari dalam maupun luar negeri.

 

5. Masjid Al Mahmudiyah

Masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Suro, berlokasi di Jalan Ki Gede Ing Suro, 30 ilir, Palembang. Masjid Suro dibangun oleh seorang ulama besar, Ki H. Abdurrahman Delamat, di atas tanah wakaf dan selesai dibangun pada tahun 1889.

 

Setiap Ramadan, pengurus masjid selalu membuat bubur daging dengan campuran bumbu sop, sejak pukul 13.00 WIB di halaman belakang masjid. Puluhan warga yang rumahnya berada di sekitar masjid juga turut meramaikan suasana sambil menantikan sajian bubur daging dengan aroma yang sangat khas tersebut. Menurut Kartibi (51), pengurus masjid sekaligus juru masak bubur, tradisi ini sudah ada sejak pertama kali masjid ini didirikan.

 

6. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Palembang berada di sebuah kompleks perumahan, berseberangan dengan Pasar Induk Jakabaring. Masjid yang dibangun di atas tanah 5.000 meter persegi ini, selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi tempat wisata bagi para wisatawan yang ingin mempelajari sejarah peran Laksamana Cheng Ho dalam menyebarkan Islam di Palembang.

 

7. Asrama Haji Sumatra Selatan

Asrama Haji Sumatra Selatan memiliki mock up Pesawat Garuda yang dipakai sebagai pusat latihan para calon jemaah umroh dan haji. Di asrama yang berlokasi di Jalan Letjen Harun Sohar, Sukarami, Palembang, ini juga terdapat replika Ka’bah dan lintasan Sa’i dalam ukuran sebenarnya. Kedua replika tersebut banyak diminati oleh para calon jemaah haji Sumatra Selatan untuk manasik, bahkan banyak juga yang datang ke tempat ini sekedar untuk berwisata.

Baca Juga:   Maharsyi, Keponakan Emilia Contessa yang Buat Dua Juri The Voice Amerika Putar Kursi

Berbagai tempat wisata religi di atas pastinya akan menambah wawasan kita selama liburan di kota pempek ini. Jangan lupa menjaga sikap selama berada di tempat-tempat tersebut ya. Selamat menikmati setiap sudut Kota Palembang, guys!

 

 

(Sumber : DETIK.COM)