Musim 2018 Baju Pebalap MotoGP Wajib Dilengkapi “Airbag”

OTOMOTIF

REKANBOLA.com – MotoGP musim 2018 punya regulasi baru yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan pebalap. Baju setiap riders wajib dilengkapi dengan kantung udara alias airbag.

Komisi Grand Prix, seperti dilansir laman motorsport.com, Jumat (12/1/2018) menjelaskan bahwa baju balap di semua kelas kejuaraan MotoGP wajib dilengkapi fitur tersebut. Bahkan, pada sesi latihan pun harus dipakai.

Pebalap wild card, satu-satunya yang mendapatkan pengecualian, begitu juga dengan pebalap pengganti. Namun hanya untuk dua balapan pertama saja, setelah itu wajib mengikuti aturan tersebut.

Kantung udara pada baju balap itu harus menutupi dan melindungi, setidaknya bahu dan tulang. Perlindungan pada bagian punggung penuh atau tengah merupakan opsional.

Andrea Dovizioso MotoGP Sepang

Namun, jika pabrikan memilih untuk memiliki perlindungan punggung, maka harus mencakup seluruh tulang belakang pebalap. Sebelum itu, airbag itu harus melewati serangkaian tes untuk membuktikan agar sepenuhnya sesuai dengan regulasi.

Langkah selanjutnya, masing-masing tim harus mengesahkan diri di dalam dokumen resmi untuk baju balap, bahwa sistem tersebut sepenuhnya mematuhi peraturan dan standar.

 

Berita Menarik Lainnya :

Hasil gambar untuk MInion logo

Facebook Comments