Nadiem Makarim hingga Bos Inalum masuk daftar sosok inspiratif di Asia

REKANBOLA.COM – Media asal Singapura, The Straits Time merilis 50 Asians to Watch, di mana sebanyak 50 orang mulai dari pebisnis, seniman, sampai dengan atlet masuk ke dalam daftar.

Dari daftar tersebut, sejumlah orang asal Indonesia masuk dalam daftar sosok yang paling inspiratif di Asia. The Straits Time menilai enam orang Indonesia itu memiliki karya serta kepribadian yang bisa mengubah orang-orang Asia maupun dunia.

Berikut 5 orang asal Indonesia yang menjadi sosok inspiratif, dikutip Cekaja.

1. Nadiem Makarim

REKANBOLA.COM – Pencetus ojek online yang telah banyak mengubah kebiasaan orang Indonesia. Karena, dengan Go-Jek, orang-orang dapat memesan ojek melalui aplikasi handphone Anda.

Apalagi saat ini Go-Jek tak hanya sebagai transportasi online penumpang, tetapi juga menawarkan jasa antar barang (Go-Send), makanan (Go-Food), alat kesehatan, massage, dan kebersihan (Go-Clean).

2. Brian Imanuel alias Rich Chigga

REKANBOLA.COM – Pemuda berwajah oriental ini sukses mengguncang Asia dan dunia dengan musiknya, khususnya hip-hop. The Straits Time menilai kehidupan rapper berusia 18 tahun ini telah bertransformasi dari Youtuber menjadi penyanyi dan penulis lagu di kancah musik Amerika Serikat.

Remaja yang belajar bahasa Inggris dari Youtube ini, memulai karirnya dengan membuat sandiwara komedi di sosial media Twitter. Pada tahun 2012, seorang teman memperkenalkannya ke hip-hop.

3. Joey Alexander

REKANBOLA.COM – Remaja 14 Tahun ini merupakan orang Indonesia pertama yang masuk ke dalam nominasi Grammy Award. Album debutnya pada 2015 yang berjudul My Favorite Things, membawanya untuk meraih dua nominasi yakni Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Solo.

Selain itu, Joey juga musisi Indonesia pertama yang terdaftar di Billboar chart mingguan dari 200 album terlaris di Amerika Serikat. Joey telah belajar piano sejak usia enam tahun. Dia belajar sendiri dengan menggunakan keyboard elektronik mini pemberian orang tuanya.

Baca Juga:   Bagian tersulit dalam merawat bus antik

4. William Tanuwijaya

REKANBOLA.COM – Pada tahun 2009, William bersama temannya membuat startup jual beli yang dinamakan Tokopedia. Tokopedia saat ini merupakan startup terbesar di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2014 nama William menjadi headline di media cetak dan online Indonesia setelah Tokopedia menerima 100 juta dolar AS dari Softbank dan Sequoia Capital. Tidak hanya itu, raksasa e-commerce asal China Alibaba juga menyuntik dana ke Tokopedia sebesar 1,1 miliar dolar AS.

5. Budi Gunadi Sadikin

REKANBOLA.COM – Direktur Utama PT Inalum ini juga masuk ke dalam 50 daftar orang yang paling ditunggu dan menginspirasi banyak pihak. Saat ini, Inalum menjadi perusahaan holding BUMN sektor tambang. Inalum membawahi PT Bukit Asam, PT Timah (Persero) Tbk (TINS), PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ATNM), dan PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA).

Tidak hanya itu, perusahaanya juga sedang bernegosiasi untuk mengakuisisi saham mayoritas di Freeport Indonesia yang mengoperasikan tambang Grasberg, tambang emas terbesar di dunia. Jika dia berhasil, perusahaannya akan menjadi perusahaan tambang terbesar di Asia Tenggara.