Nelangsa Manchester United: Hanya Bisa Menonton Keberhasilan ‘Teman-Temannya’

REKANBOLA – Manchester United bisa jadi merupakan klub besar yang paling nelangsa musim ini. Di antara The Big Six Premier League, MU terbilang paling gagal di musim 2018/19 ini. Keterpurukan MU merambat dari Premier League ke kompetisi Eropa.

Jumat (10/5) dini hari WIB tadi, Arsenal dan Chelsea dipastikan bakal bermain di final Liga Europa. Keduanya berhasil tampil apik di semifinal dan mengalahkan lawan mereka masing-masing untuk menembus partai puncak dan mencoba jadi juara.

Sebelumnya, Liverpool dan Tottenham Hotspur sudah lebih dahulu memastikan spot mereka di final Liga Champions. Kedua tim itu mewujudkan come back impresif di semifinal: Liverpool menjungkirkan Barcelona, dan Tottenham membuat Ajax menangis.

Di kompetisi domestik, ada Manchester City yang tampil apik sepanjang musim. Pasukan Pep Guardiola itu sudah membungkus trofi Carabao Cup, mencapai final FA Cup, dan berpeluang menjuarai Premier League di laga terakhir musim ini, Minggu (12/5) mendatang.

Artinya, lima tim dari The Big Six dapat dikatakan cukup sukses. Mencapai final kompetisi Eropa sangat sulit: Liverpool, Tottenham, Arsenal, dan Chelsea mampu melakukannya. Menjuarai Premier League juga tidak mudah, Man City harus menjaga konsistensi sepanjang musim untuk sampai pada momen menentukan ini.

Lalu, bagaimana nasib Manchester United? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

Nelangsa MU

MU sudah dipastikan hanya bisa bermain di Liga Europa musim depan, mereka gagal menembus empat besar. Seakan-akan kurang melas, MU juga bisa saja harus bermain di babak kualifikasi terlebih dahulu sebelum bermain di Liga Europa musim depan.

Jika MU finis di peringkat kelima klasemen akhir Premier League musim ini, mereka bakal dipastikan bermain di Liga Europa. Namun, jika finis di peringkat keenam, ada skenario yang memaksa mereka memainkan babak kualifikasi terlebih dahulu.

Baca Juga:   SINOPSIS FILM Tatterdemalion (2018)

Watford bakal memastikan satu tempat di kualifikasi Liga Europa jika mereka berhasil mengalahkan Man City di final FA Cup. Jika itu terjadi, dan MU finis di peringkat keenam, pasukan Ole Gunnar Solskjaer harus bermain di kualifikasi babak kedua untuk Liga Europa.

Tentu, jika Man City yang menjadi juara FA Cup, MU bisa langsung menembus fase grup Liga Europa musim depan. Nasib MU, bahkan harus meminta bantuan Man City di akhir musim.

Tidak berpengaruh

Biar begitu nasib MU tidak akan dipengaruhi dari keberhasilan Arsenal atau Chelsea yang menjuarai Liga Europa musim ini. Jumlah maksimal tim Inggris di kompetisi UEFA adalah tujuh tim.

Jadi, jika Arsenal menjuarai Liga Europa, bakal ada lima tim Inggris di Liga Champions musim depan, dan dua tim di Liga Europa. MU hanya perlu berharap Man City jadi juara untuk menghindari kualifikasi yang biasanya rumit.