Nelayan Pencari Gurita Hilang Tersapu Ombak di Pantai Pacitan

Rekanbola – Seorang nelayan penangkap gurita hilang tersapu gelombang di Pantai Kunir, Kecamatan Sudimoro, Pacitan. Informasi dihimpun detikcom, saat kejadian Kamis (23/8) pagi, korban Agus Suwanto (30) bersama mertuanya bernama Tumiyat (48) mencari gurita di sekitar lokasi.

Sebelumnya mereka berangkat dari Pantai Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo yang berjarak sekitar 10 kilometer. Setibanya di lokasi keduanya langsung memasang umpan dan dimasukkan ke laut. Saat itulah tiba-tiba datang empasan gelombang. Dampaknya, perahu bertuliskan ‘Fajar’ itu oleng dan karam.

Kedua nelayan yang sama-sama tinggal di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan itu pun tercebur ke laut. Tumiat yang jago berenang dapat menyelamatkan diri dan mencari pertolongan. Sedangkan Agus dilaporkan hilang.

“Memang saat sekarang gelombang sedang tinggi. Update info dari BMKG, sampai tanggal 27 Agustus 2018 diperkirakan terjadi gelombang tinggi antara 2 sampai 4 meter,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Windarto terkait kondisi cuaca yang diduga salah satu penyebab kecelakaan, Jumat (24/8/2018) pagi.

Hingga pukul 10.00 WIB pencarian terhadap korban terus berlangsung. Upaya menemukan korban dilakukan dengan menyisir perairan dengan perahun maupun pemantauan dari darat.

Pencarian melibatkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, TNI/Polri, serta warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas). Tim SAR Linmas Satpol PP juga ikut diterjunkan ke lokasi untuk membantu penyisiran.

“Masih nihil dan masih terus dilakukan pencarian,” terang Pujono, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan melalui pesan singkat kepada rekanbola, Jumat (24/8/2018) pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Windarto menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pencarian sesuai prosedur baku. Bila perlu, BPBD akan menurunkan personel tambahan ke lokasi. Ini sesuai permintaan pimpinan daerah agar pencarian dilakukan optimal.

Baca Juga:   Sayembara! Gadis Makassar Siapkan Rp 2 Juta untuk Penemu Kucingnya

“Kita akan tambah 2 personel lagi untuk melihat kondisi di lapangan. Nanti kalau perlu penambahan kita sudah siapkan lagi. Perintah Bapak Bupati agar terus dilakukan pencarian sambil melihat perkembangan,” ujar Windarto, Kepala Pelaksana BPBD kepada wartawan.