Nilai Tukar Rupiah Perkasa di Level Rp 14.308 per USD

REKANBOLA – Nilai tukar Rupiah terhadap Dola Amerika Serikat (USD) lanjutkan penguatan di perdagangan hari ini, Jumat (30/11). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 14.331 per USD atau menguat dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.382 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih terus menguat usai pembukaan. Tercatat, saat ini Rupiah berada di level Rp 14.308 per USD.

Sebelumnya, Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri memprediksi Rupiah 99 persen masih akan melemah pada 2019. Prediksi ini dengan melihat produktivitas Indonesia jika dilihat dari Current Acoount Deficit (CAD) yang belum juga menunjukkan performa optimal.

“Fenomena jangka pendek Rupiah bisa menguat. Tahun depan jangka menengah, 99 persen Rupiah akan melemah. Kalau bicara jangka panjang, hubungan Rupiah dengan CAD itu erat sekali,” ujar Faisal di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (28/11).

Faisal mengatakan, pelemahan Rupiah sebenarnya tidak hanya terjadi tahun ini saja. Pada 2017, Rupiah melemah dan CAD defisit namun dapat diatasi dengan jumlah uang yang masuk ke Indonesia cukup besar.

“2017, CAD kita defisit USD 17 miliar tapi uang yang masuk USD 22 miliar. Tetap Rupiah melemah rerata tahunannya. Tapi melemahnya sangat sopan, sedikit sekali karena capital inflownya lebih banyak,” jelasnya.

 

Baca Juga:   Bos Mayapada Group Tukarkan Dollar ke Rupiah Senilai Lebih dari Rp 2 Triliun