Orang pintar hanya punya teman sedikit? Begini faktanya

REKANBOLA.COM – Tak semua orang punya kemampuan untuk memiliki banyak teman. Ada yang bisa langsung akrab dengan orang asing, namun ada juga tipe yang butuh waktu lama.

Seiring pertambahan usia, kondisi pertemanan juga sering berubah. Biasanya, jumlah teman-teman di sekitar Anda jadi lebih sedikit dibanding saat kecil atau remaja dulu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology ini mungkin bisa menjelaskan fenomena ini. Seperti dilansir dari Your Tango, Rabu (23/5/2018), studi ini menyimpulkan, orang-orang yang lebih pintar akan lebih baik dengan jumlah teman yang sedikit.

Pemimpin penelitian ini, Satoshi Kanazawa dan Norman Li, psikolog evolusioner dari Inggris, menemukan, sementara banyak orang meningkat kebahagiaannya saat berhubungan dengan orang lain–juga dengan tingkat interaksi yang tinggi dengan orang-orang tersayang– mereka yang memiliki kecerdasan sangat tinggi sebenarnya merasa lebih bahagia saat mereka tidak berkumpul dengan teman-temannya.

“Individu yang lebih cerdas mengalami kepuasan hidup yang lebih rendah jika bersosialisasi lebih sering dengan teman-temannya,” tulis penelitian ini.

Dalam sebuah artikel di The Washington Post, Carol Graham, seorang peneliti di Brookings Institute yang mempelajari ekonomi kebahagiaan mengatakan, “Penemuannya ini menyatakan, orang-orang dengan kecerdasan tinggi serta kemampuan untuk menggunakannya…berkemungkinan lebih kecil untuk menghabiskan waktu mereka bersosialisasi, karena mereka lebih fokus pada objektif jangka panjang lainnya.”

Tak Ingin bersosialisasi

Tentunya hal ini masuk akal. Orang-orang yang sangat pintar atau bahkan para genius biasanya memiliki teori menarik baru yang ingin mereka buktikan, atau penemuan baru yang mereka kerjakan untuk mengubah dunia.

Hal ini membuat mereka tak ingin menghabiskan waktu untuk bergaul dengan teman-temannya, mereka ingin mewujudkan tujuan mereka.

Baca Juga:   Prediksi Skor Feyenoord vs Zwolle 21 Oktober 2018

Para peneliti percaya, hal ini mungkin ada hubungannya dengan cara kita berevolusi dan gaya hidup serbacepat yang kita jalani. Individu dengan kecerdasan tinggi lebih bisa beradaptasi dengan kehidupan modern, dan mereka juga tidak terlalu terikat dengan kecenderungan evolusi manusia.

Ini artinya, mereka tidak memiliki kebutuhan untuk interaksi sosial.

Jadi jangan khawatir kalau Anda merasa tidak ingin atau tak lagi menikmati waktu Anda bersama teman, dan lebih memilih untuk mengerjakan hobi atau proyek Anda. Itu artinya Anda hanya lebih pintar dibanding orang kebanyakan.