Ototest: Kesan Pertama SUV Mewah Jerman, BMW X5

REKANBOLA – Setelah negara-negara Eropa, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru keluaran BMW, BMW X5, akhirnya diluncurkan di Indonesia. Dibanding model lamanya, mobil generasi terbaru X5 ini semakin canggih dan memiliki banyak fitur.

Setelah peluncuran resminya, detikcom menjajal mobil dalam waktu singkat di sekitar Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu. Kami dipercayai sebuah kunci untuk mengendarai mobil seharga Rp 1,489 miliar off the road ini. Kenapa kami menyebut kunci ini seakan sebuah fitur yang sangat penting? Ya karena kunci ini berbeda dari mobil biasa.

Bayangkan saja lewat informasi di kunci mobil, kita bisa mengetahui apakah mobil sudah terkunci atau belum, berapa jauh sisa perjalanan dengan BBM yang tersisa di tangki, menyalakan air conditioner, sampai mengatur ketinggian kaki-kaki mobil. Ya ketinggian kaki-kaki mobil bisa diatur dengan kunci asalkan semua pintu sudah tertutup, bisa naik turun sampai 40 mm. Jadi total travelnya 80 mm.

BMW mengatakan dengan ketinggian yang bisa diatur seperti itu, selain agar membuat mobil bisa dibawa kemana saja sesuka Anda, akan memudahkan istri-istri Anda yang sudah cantik mengenakan kebaya tak perlu kerepotan menaiki mobil. Mirip seekor kuda yang merendahkan kakinya untuk mempermudah pengendaranya naik ke atas.

Kalau sudah ada panah naik atau turun, itu berarti anda bisa mengatur ketinggian suspensi.

Sementara di eksteriornya, yang paling berkesan tentunya pada bagian grille yang sudah membesar, tidak seperti model lama yang imut. BMW juga memasang Active air stream kidney grille untuk meningkatkan kedinamisan kendaraan.

Sementara geser ke samping, ada garis biru di lampu yang menandakan kalau mobil sudah menggunakan lampu laser. Lampu laser ini dilengkapi juga dengan Selective Beam untuk mengoptimalkan fungsi high beam.

Baca Juga:   Satu Moge Ini Suaranya Setara Tiga Harley

BMW mengklaim lampu BMW X5 bisa menyinari sampai 500 meter ke depan. Jadi lebih aman saat perjalanan di malam hari. Sementara bagian belakang mobil, pintu bagasinya dibuat dua bagian, dengan bagian bawah yang bisa dibuka tutup untuk mempermudah proses bongkar muat barang bawaan.

Masuk ke dalam mobil, interiornya juga terasa lebih mewah. Saat Anda menutup pintu, zlebbbb! Langsung senyap, nyaris tidak ada suara, seakan-akan tidak ada kehidupan di luar mobil. Kaca filmnya juga dual layer sehingga lebih adem dan meningkatkan kenyamanan buat pengendaranya.

Bukan BMW namanya jika tak melengkapi interiornya dengan kulit yang lembut dan mewah. Begitu anda menyentuh dasbor, trim, sampai setir, kulitnya terasa halus di tangan.

Melihat bagian dasbor, control display dan cluster instrumen semuanya sudah digital dengan ukuran 12,3 inci yang sepenuhnya digital dan menjalankan BMW Operating System 7.0.

Voice controlnya tinggal membuat Anda berkata ‘Hey BMW’ untuk mengatur beberapa fungsi seperti mengatur temperatur A/C ataupun mengganti warna Ambient light sampai mengatur audio atau navigasi.

Kalau anda tengah bosan menyetir, coba saja berkata ‘Hey BMW I’m bored’,mobil langsung menyesuaikan setingan dan berganti ke mode sport.

Untuk pasar Indonesia, BMW hanya menyediakan BMW X5 xDrive40i xLine yang diperkuat dengan mesin bensin 6-silinder 3.0-liter BMW TwinPower Turbo dengan Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection & Transmisi Otomatis Steptronic 8-Percepatan. Mesin ini sangat bertenaga mulai dari momen kita menginjak pedal gas.

Saat detikcom mengendarainya di jalanan, mobil terasa lebih nyaman, terutama bagian suspensinya. Menghajar beberapa polisi tidur di jalanan Kemayoran pun tak terasa. Kebisingan jalanan pun tak terlalu terasa saat kita berada di bagian mobil.

Baca Juga:   Cerita di Balik Yamaha RX King Senilai Ratusan Juta Rupiah

Sayang kami tidak bisa berlama-lama mencoba mobil yang dijuluki ‘The Boss’ ini, kami pun dibuat tak sabar untuk menjajal BMW X5 di jalanan offroad yang merupakan habitat aslinya!